Digital Marketing Bagi Pengusaha Kain Tenun Goyor dan Batik Sedayu Sragen

SRAGEN-INFODESANEWS, Tim pengabdian Teknik Industri Fakultas Teknik UMS, yang diketuai Ir Ahmad Kholid Alghofari ST MT IPM beserta rombongan, Dr Ir Suranto ST MM MSi, dan Norhadi selaku mahasiswa mengadakan pengabdian masyarakat di UKM desa Doyong, Miri, Sragen. Milik Pengusaha kain tenun goyor dan batik Ir Agung Purnomo. Kegiatan dilakukan Senin, 3 mei 2021 jam 10.00-14.00 di pendopo milik Ir Agung Purnomo.

Kegiatan tersebut berupa pengabdian sekaligus penelitian tentang pengembangan usaha kain tenun goyor dan batik melalui digital marketing. Peran pendamping dalam kegiatan peningkatan volume penjualan sangatlah penting, oleh karena itu dimasa pandemi covid 19, penjualan melalui online dapat ditingkatkan. Marketingmix menilai unsur product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, people opinion, political power. Oleh karena itu impelementasi marketingmix sangat dibutuhkan dalam peningkatan volume penjualan.

Produksi kain tenun goyor dan batik milik UKM sedayu memiliki banyak varian warna dan motif, bahkan harga juga sangat terjangkau, dikunjungi di galerinya terpampang banyak varian warna dan motif. Batik dan kain tenun goyor dijual lokal dan ke mancanegara oleh pengusaha yang satu ini. Tekad dan ketekunan yang luar biasa terbukti mampu merubah semangat hidupnya menjadi lebih berarti dan bermakna. Beliau bertekad disisa umur hidup ini untuk banyak-banyak berbagi dan memberi kepada yang membutuhkan.

Tim pengabdian diterima langsung direktur Sedayu ibu Sari, SE dan Ir Agung Purnomo yang memimpin Pt Denking and Wood dikantornya dan tempat produksi sekitar 1 hektar, dibantu bapak Bukhori, dimana kegiatan berlangsung selama 4 jam. Ir Ahmad Kholid Alghofari ST MT IPM, memberikan materi pentingnya produksi hijau (green industry/green production) sedangkan Dr Ir Suranto ST MM MSi memberikan materi pentingnya marketing secara online dimasa pandemi, dan Norhadi memberikan materi tentang perancangan web usaha di UKM Sedayu, serta Layli memberikan masukan tentang pentingnya media sosial dalam peningkatan penjualan.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan terus berlanjut, sebagai implementasi keilmuan pengetahuan dan Ir Agung Purnomo juga sangat berterimakasih, sebagai mitra dan implementasi CSR (Corporate Social Responsibility). Ir Agung Purnomo dan Istri (Sari, SE) juga merupakan alumni UMS, sehingga keduanya sangat berterima kasih bisa bergabung dengan para tim dari UMS. (*/anto/her)