Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Luwu

NASIONAL112 Dilihat

SULSEL INFODESANEWS – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejak Jumat (26/3/2021) petang, menyebabkan Sungai Bua meluap.

Luapan air sungai merendam ratusan rumah di lima desa dan satu kelurahan terendam.

Selain merendam permukiman warga, air setinggi antara 50 centimeter hingga satu meter menggenangi juga fasilitas umum, seperti pasar tradisional, kantor desa, dan sekolah.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Dandim Blitar Melalui Latnister Kita Mantapkan Tugas Aparat Komando Kewilayahan

Camat Bua, Sakti Latif, mengatakan, banjir mulai terjadi pukul 19.30 Wita dan terus meluas hingga ke beberapa tempat dan merendam Desa Barowa, Desa Pabbaresseng, Desa Tanarigella, Desa Tiromanda, Desa Padang Kalua, dan Kelurahan Sakti.

“Paling parah, banjir di Desa Pabbaresseng dan Desa Barowa karena banjir bertepatan dengan air laut sedang pasang, sementara Desa Tanarigella dan Kelurahan Sakti hanya sebagian mengalami titik parah,” kata Sakti, di lokasi.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Jokowi Resmi Melantik Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Menteri ATR/BPN

Dia mengatakan, pengamatan sementara dari sejumlah desa dan kelurahan yang terendam, ada sekitar 700-an rumah warga yang terdampak banjir.

“Upaya yang kami lakukan, mengarahkan warga untuk waspada dan mengupayakan anak-anak menghindari arus banjir, terutama warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai, memindahkan barang ke tempat tinggi agar tidak terendam,” tandas Sakti. (yustus)