Desa Fajar Baru Lakukan Validasi Penerima BLT DD Ta 2021

INFODESA166 Dilihat

Lampung SELATAN,INFODESANEWS-Pemerintah desa,Fajar Baru Kecamatan Jati Agung, melaksanakan kegiatan validasi terhadap calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kaitan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2021. Jumat.(29/01/2021)

Kegiatan ini dilakukan guna menentukan Kepala Keluarga yang memenuhi syarat kriteria untuk mendapatkan BLT-DD tahun 2021.

Adapun rangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain usulan nama – nama calon keluarga penerima manfaat (KPM) dari masing – masing Kepala Dusun, sinkronisasi data, surveilance, musyawarah hingga penetapan atau validasi bagi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021.

M.Agus.Budiantoro,selaku Kepala desa Fajar Baru mengatakan, pihaknya melibatkan unsur terkait antara lain Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta tak lupa turut mengundang dari pihak Kecamatan, TKSK Kecamatan, TNI-Polri dalam kegiatan validasi hari ini.

“Kita lakukan validasi agar bantuan yang akan kita salurkan nantinya sesuai prosedur dan tepat sasaran.” Tegas,Budi.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Bersama Warga Satgas TMMD 107 Kodim 0912/Kutai Barat, Bekerja Sama dalam Mengangkat Beban

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah menyalurkan BLT-DD pada tahun 2020 melalui alokasi Dana Desa terhadap warga yang menerima manfaat bantuan namun panda saat memasuki awal tahun 2021 ada intruksi dari pemerintah pusat melalui Surat Edaran Menteri Desa Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa serta Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa, untuk melanjutkan penyaluran BLT-DD Tahun 2021 dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum pulih hingga saat ini

Kemudian,M.Agus Budiantoro menambahkan, validasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 secara tehnis tidak jauh berbeda seperti yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 yakni ditujukan terhadap kaum lansia dan warga yang memang pantas mendapatkanya,dan tentunya dengan melalui peroses Verifikasi dan fakta di lapangan.Tegasnya.

“Setelah dilakukan Validasi ada 110 rang yang ditetapkan sebagai calon penerima BLT-DD Tahun 2021 yang telah memenuhi syarat dan kriteria,yang salah satu contohnya yaitu,bagi warga yang memang berdomisili dan bertempat tinggal di desa Fajar Baru ini.Tegasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Sekda Lamsel Thamrin, Pimpin Jalanya Rakor Tentang Pengendalian Inflasi Daerah

Budi menerangkan, nantinya masing – masing calon penerima BLT-DD Tahun 2021 akan mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp.300.000,- perbulan terhitung dari bulan januari sampai dengan bulan Maret untuk tahap pertama dan tentunya setelah dana itu sudah turun dari pemerintah pusat.

Kendati demikian, Budi berharap bantuan uang tunai dari dana desa dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari serta untuk biaya berobat dan lainya.Harapnya.

Giat Validasi yang kita laksanakan pada hari ini dengan mematuhi protokol kesehatan dan tidak lupa pula kami seluruh jajaran Pemerintah desa Fajar Baru,mengucapkan terima kasih kepada pihak Kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta unsur masyarakat lainnya yang telah hadir dan membantu dalam kegiatan validasi pada hari ini,Terangnya. (Ronald)