Komisi III DPRD Lamsel Minta Dinkes Evaluasi THLS

INFODESA, NASIONAL98 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Komis III DPRD Lampung Selatan, soroti terkait banyaknya Tenaga Harian Lepas Sukarel (THLS) Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan, M,Akyas, dengan banyaknya THLS, maka anggaran yang dikeluarkan akan bertambah,
“Oleh karena itu perlu adanya evaluasi kembali untuk THLS di Dinas Kesehatan.”ujar politisi dari PKS dua periode itu,

Hal tersebut disampaikan saat Rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Tentang APBD Tahun Anggaran 2021, di tingkat komisi bersama Dinas kesehatan setempat.

Dikatakan sebanyak 224 Tenaga Harian Lapas Sukarela (THLS) di Dinas Kesehatan, yang tersebar di 27 Puskesmas wilayah Lampung Selatan, ada yang tidak memenuhi poksi dan standar pendidikanya.

“Ini ada beberapa THLS yang mengunakan izazah paket? Inikan tidak sesuai, paling tidak untuk THLS di kesehatan ya S1, atau yang sesuai dengan jurusan seperti dari farmasi atau yang benar-benar memehami tentang kesehatan. Jadi tolong ini di evaluasi kembali.”kata dia.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan, lainya meminta Dinas Kesehatan dapat meningkatkan dalam pelayanan, kesehatan di puskesmas-Puskesmas dapat di tingkatkan dan mengutmakan Salam Sapa Senyum (S3).

“Selain itu juga Dinas Kesehatan agar meningkatkan pengawasan kepada Dokter dan Bidan yang buka praktek di klinik.”ujar Edi Waluyo, dari Fraksi PAN.

Dikesmpatan yang sama Edi juga kembali mempertanyakan terkait izin oprasi Puskesmas Rawat Jalan di Kecamatan Candipuro, menjadi Puskesmas Rawat Inap. (Sg)