Kodim 0421/Lamsel Bentuk Relawan Bakamla

INFODESA, NASIONAL116 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Guna menjaga keamanan darat laut wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Kodim 0421/LS, bekerjasama dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI membentuk Relawan Penjaga Laut (Rapala).

Pembentukan Relawan Penjaga Laut Nusantara ( Rapala) yang merupakan Program Badan Keamanan Laut
( Bakamla) RI TA. 2020 itu dihadiri
Dandim 0421/LS Enrico S.N. Beserta
Direktur Kerja Sama Bakamla RI,Asisten Pemeritahan Kabupaten Lampung Selatan, yang dipusatkan di Menara Siger Bakauheni Lampung Selatan. Kamis (13 /8 /2020)

Direktur kerjasama Bakamla RI, Laksamana TNI Rasiono Kunto, mengatakan Pembentukan Relawan Penjaga Nusantara ( Rapala) Kabupaten Lampung Selatan ini untuk lebih meningkatkan pengawasan dan keamanan dari tindak kejahatan di wilayah Lampung Selatan khususnya dan Lampung pada umumnya.

“Oleh karena itu Bakamla Ri membentuk Relawan Pejaga keamanan laut ( Rapala) Tahun 2020 dengan harapan dapat terus senergitas dangan instansi Terkait Pemkab Lamsel dan Bakamla untuk membentukan keamanan Penjaga laut bisa di Laskanakan.” kata dia.

Dijelaskan hal ini dilakukan dengan banyaknya pelanggaran dan kerusakan laut kita ,kerusakan alam ,kerusakan Terumbu karang dan penyeludupan Narkoba di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan agar nantinya bisa berkurang.

“Tugas Rapala dalam kegiatannya untuk membantu Penjagaan wilayah pantai dan Laut wilayah Lampung Selatan, dan mendata serta memberikan Informasi terkait kejadian di kelautan wilayah Lampung Selatan.

“Selain itu juga untuk membatu memberikan penyuluhan kepada para nelayan-nelayan dalam percepatan penenganan Covid-19.”paparnya.

Sementara itu Supriyanto Asisten Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan, mengapresiasi dengan pihak Kodim 0421/Lamsel,

“Bakamla RI membentuk sekaligus melantikan para relawan penjaga keamanan laut Nusatara ini untuk mambantu tugas Bakamla dalam melindungi keselamatan laut nusantara. Ini merupakan kali pertama di bentuk di provinsi Lampung. Mudah-mudahan dengan dibantu para relawan sebanyak 30 orang dapat menjaga dari ancaman dan gangguan tindak kejahatan, sehingga cepat di atasi dengan cara bekerja sama.”ungkapnya.

Ditambahkan dengan adanya Mou Bakamla dan Pemerintah sudah di Programkan Rapala yang sudah tetbentuk ini semoga kedapanya untuk wilayah Laut dan Pesisir Laut RI bisa terjaga keamanannya Nantinya.” imbuhnya. (Sg)