Meski Ditengah Pandemi Covid-19 Desa Sukamarga Tetap Laksanakan Pembangunan Desa Tahap I

INFODESA107 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Meski di tengah merebaknya wabah Covid-19 Pemerintahan desa Suka Marga Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, tetap fokus menjalankan program pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2020.

Kepala desa Sukamarga, Siadiantori
mengatakan, Pembangunan yang mengunakan DD 2020 kami kerjakan sesuai dengan APBDesa yang telah menjadi prioritas dalam kesepakatan pada saat melakukan musyawarah dan sesuai dengan tahapan penerimaan Anggaran,

“Untuk penerimaan anggaran dana desa tahun 2020 di tahap 1 ini kami laksanakan pembangunan berupa pengecoran jalan sepanjang 165 meter yang terletak di Dusun 1 dan dua titik gorong-gorong di dusun yang sama. Sedangkan Di Dusun 2 pembangunan Draenase sepanjang 39 meter dan satu unit pembangun gedung perpustakaan di induk desa.” kata dia pada Infodesanews.com. Rabu (6 /5 /2020)

Dijelaskan Anggran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) “Selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan rabat beton, dengan pengerjaanya cara Padat Karya, oleh masyarakat sekitar, juga digunakna untuk pemberdayaan masyarakat dan pelatihan aparatur desa dengan tupoksinya masing-masing.

“Meski saat ini semua pihak mulai Pemerintah pusat Provinsi dan Daerah juga tingkat desa tengah berupaya kerasa untuk melawan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang penyebaran sangat masif. Namun untuk program pembangunan kami tetap laksanakan. Sebab pembangunan merupakan salah satu program Desa yang menjadi prioritas dan sudah masuk RAB APBDesa. sedangkan pengerjaanya sendiri kami lakukan cara padat karya yang melibatkan langsung masyarakat sekitar.”kata Ian sapaan akrabnya.

Dikatakan, Tentunya dalam pelaksanaan pengerjaanya kita mengutamakan kualitas dan sesuai dengan RAB. Selain itu kita juga mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, apalagi ditengah pandemi wabah Covid-19 seperti saat ini agar tetap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

“Saya berharap agar masyarakat dapat menjaga dan merawat pembangunan yang ada dengan cara terus melakukan gotong royong untuk merawatnya.” pungkasnya.

Sementara itu Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, menghimbau kepada seluruh Kepala Desa agar dapat menjaga kualitas dalam pengerjaanya dan dikerjakan sesuai RAB dan spek.

“Jangan sampai hasil pekerjaanya tidak memuaskan apa yang menjadi keinginan masyrakat.” kata dia

Diketahui pelaksanaan Trial di Desa Sukamarga yang di laksanakan , pada hari Selasa (5 /5 /2020) selain di hadiri camat juga hadir Kapolsek Sidomulyo, Iptu Hengky Darmawan, Danramil 421-07/Sdm, Kapten Kav, Suyanto, dan Pendamping Kecamatan setempat (Sg)