Karya Visioner Seorang Babinsa Kodim 0906/Tenggarong Dalam Memutus Penyebaran Covid 19

INFODESA69 Dilihat

TENGGARONG. INFODESANEWS –    Tanpa kita sadari penyebaran virus corona dapat menyebar dengan mudah dan cepat disekitar kita, salah satu media penyebaran virus  tersebut adalah melalui media pembayaran (uang). Untuk mengurangi resiko penularan virus corona melalui alat pembayaran (uang), Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 0906-13/Tabang Kodim 0906/Tenggarong Serda Nurdin mengembangkan alat sterilisasi sederhana yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu alat deteksi untuk memutus rantai penyebaran virus corona melalui media uang. Rabu (29/4/2020).

Pengembangan dan pembuatan box sterilisasi uang ini nantinya akan digunakan di semua pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai bentuk upaya Kodim 0906/Tenggarong dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui media alat pembayaran (uang).

Adapun profil box sterilisasi uang ini terdiri dari 3 komponen  utama yaitu rak, pemanas dan pengatur suhu dengan pembuatannya sebagai berikut pertama buat box dengan ukuran 40 x 20 x 15 cm setelah itu setiap Sisinya dilapisi dengan aluminium foil sebagai pemantul panas, rangkai ketiga bohlam lampu sebagai sumber panas dengan dasar kasa untuk tempat uang dan yang terakhir atur suhu pada 800 Celcius.

Menurut Serda Nurdin, berdasarkan penelitian lembaga biologi molekuler yang diyakini bahwa virus akan mati pada suhu 56 derajat Celcius dalam waktu 30 menit, sedangkan box sterilisasi uang yang telah dikembangkan ini dapat menghasilkan suhu 800 celcius sehingga dapat membunuh virus tidak lebih dari 10 menit.

“Semoga alat ini bisa berguna dan membantu masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona melalui alat pembayaran (uang)”, tutup serda Nurdin.

Para pedagang yang ada di pasar Tradisional Tenggarong menyambut positif adanya alat sterilasi uang yang dikembangkan oleh Sertu Nurdin. “kami para pedagang pasar tradisional Tenggarong mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0906/Tenggarong dan bapak Babinsa yang telah mengembangkan alat sterilisasi uang ini, sehingga kami dapat merasa aman dari penyebaran virus corona”, ucap salah satu pedagang.

Penulis Murdi