Cegah DBD, Prajurit TNI dari Korem 091/ASN di Samarinda Asapi Permukiman Hingga Perkantoran

INFODESA140 Dilihat

SAMARINDA. INFODESANEWS – Guna mencegah penyebaran penyakit Demam  Berdarah Dengue  atau DBD  yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Prajurit Korem 091/ASN dan Denkesyah ( Detasemen Kesehatan Wilayah) 6/04/01 Samarinda melakukan fogging (pengasapan) diperkantoran dan perumahan asrama TNI AD, Jalan Awang Long, Kelurahan Bugis, Samarinda.

Kapen Rem 091/ASN, Kapten Arh Azrul Azis mengatakan, fogging dilakukan bertujuan memberantas sarang nyamuk dan jentik nyamuk aedes aegepty di lingkungan perkantoran dan asrama TNI, termasuk parit dan rumah warga yang ada di seputaran Korem 091/ASN.

“Karena itu perlu dilakukan penyemprotan, apa lagi daerah Samarinda sekitarnya sering terjadi hujan, yang dapat menyebabkan berkembang biaknya nyamuk dalam genangan air,” tuturnya, Minggu (26/4/2020).

Lanjut Kapen menjelaskan, fogging sebenarnya kurang efektif apabila tidak ditindaklanjuti dengan Gerakan 3M, yakni Menguras, Menutup dan Mengubur. Langkah pencegahan lebih efektif dari pada mengobati atau memberantas.

“Mari kita galakan kembali Gerakan 3 M di lingkungan tempat tinggal kita, kalau ada yang gampang kenapa tidak kita lakukan,” ungkapnya.

“Ya, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan dan rumah masing-masing, serta menanamkan pola hidup sehat dan bersih. Ini tentunya untuk mencegah berkembangnya nyamuk yang membawa penyakit bagi manusia,” pungkasnya. Sumber Penrem 091/ASN