Sekda Lutra Pimpin Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam

NASIONAL323 Dilihat

LUTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Apel kesiapan Forkopimda dan Satgas penanggulangan bencana alam tahun 2020 digelar di Kabupaten Luwu Utara, Jumat(10/1/2020) dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri nomor : 360/131/SJ tanggal 7 Januari 2020, hal antisipasi dan kesiap siagaan menghadapi bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel).
Apel tersebut yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Lutra yang dipimpin Sekda Armiady.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Luwu Utara, AKBP Agung Danargito yang diwakili Kabag OPS, Kompol Anhar, Dandim 1403 Sawerigading diwakili Danramil Masamba Kapten Czi Waskito, Danki Brimob Baebunta, Kepala BPBD Lutra, para pimpinan OPD Pemkab Lutra, Ketua Basarnas, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD, Kepala BMKG, Kepala PDAM, Kepala PLN, Tagana, TNI, personil Polres, Satpol PP & Damkar, PSC 119 Lutra, PMI, Pramuka peduli bencana dan Kelompok Pecinta Alam.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Lutra Armiady menyampaikan bahwa Kabupaten Luwu Utara yang dijuluki Bumi Lamaranginang merupakan daerah yang rawan beragam potensi ancaman bencana mulai dari potensi banjir, tanah longsor, angin puting beliung serta potensi kebakaran lahan dan hutan.

Sekda meminta kepada semua pihak agar mengambil langkah seperti membentuk posko kesiap siagaan bencana pada masing-masing OPS/instansi/lembaga terkait.
Selain itu kepada semua instansi terkait juga diminta untuk melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG serta menyiagakan personel serta menyiapkan sarana dan prasarana dan peralatan masing-masing.

Armiady Sekda Lutra menyebutkan bahwa, untuk penanggulangan bencana di Bumi Lamaranginang, pemerintah daerah sendiri telah melaksanakan upaya penanggulangan semaksimal mungkin ketika ada bencana, seperti posko kesiap siagaan bencana selama 24 jam.

Sementara itu, Kapolres Luwu Utara melalui Kabag OPS Kompol Anhar menuturkan bahwa Apel Kesiap siagaan ini sebagai wujud kesiapan dan ketanggapan semua pihak untuk mengantisipasi dan menghadapi bencana alam dan juga nengecek kesiapsiagaan personil di titik rawan.

Usai apel siaga dilaksanakan simulasi penanganan bencana alam oleh PMI, Pramuka dan BPBD dalam memperagakan dan memberikan pertolongan pertama terhadap korban bencana alam yang masih hidup, serta peragaan simulasi evakuasi pohon tumbang yang ditampilkan oleh BPBD Lutra.(yustus)