Cegah Stunting Ibu Hamil, Balita, Pemdes Salama Bersama Puskesmas Gelar Sosialisasi

INFODESA139 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Sejumlah ibu hamil dan ibu balita antusias mengikuti sosialisasi pencegahan balita stunting di Kantor Desa Salama Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, Senin(23/12).

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan program kerja Pemerintah Desa Salama yang pembiayaannya bersumber dari Dana Desa setempat.

Hairul Muslimin, Kepala Puskesmas Sabbang, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya penanggulangan stunting merupakan tanggung jawab bersama para pemangku kepentingan.

” Sinergitas lintas sektor penting artinya dalam penanggulangan stunting. Pemerintah Desa yang peduli terhadap penyelamatan generasi penerus bangsa patut diacungi jempol,”ucap Hairul Muslimin pada media ini, Senin23/12).

Dihadapan peserta sosialisasi, Hairul Muslimin mengajak warga desa untuk mencegah stunting. Menurut Kepala Puskesmas(Kapus) Sabbang ini, pencegahan stunting merupakan cara paling efektif dalam penanggulangan gagal tumbuh pada anak.

” Pencegahan stunting baiknya dilakukan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan seorang anak, dihitung sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Ini periode emas bagi tumbuh kembang anak,” terang Hairul Muslimin.

Cara pencegahan stunting menurutnya dilakukan dengan memastikan ibu hamil mendapatkan asupan gizi yang cukup. Makanan bergizi penting untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin dalam rahim.

Pemberian ASI Eksklusif pada anak usia 0-6 bulan memiliki kontribusi yang berarti dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bergizi seorang anak. Menurut pria yang berjenggot dan berusia 43 tahun ini, Pemberian Air Susu Ibu saja sampai usia 6 bulan akan melindungi anak dari masalah kekurangan gizi dan peluang terjadinya stunting.
” Seorang ibu haruslah memberikan ASI kepada anaknya. Kandungan gizi pada ASI lebih baik dari pada susu formula,” jelasnya.

Pertemuan sosialisasi stunting berlangsung sehari. Nampak hadir pada pertemuan itu aparat Kantor Desa Salama, dokter Puskesmas Sabbang dan Bidan Desa Salama.(yustus)