50 Siswa SMAN 8 Lutra Belajar Jurnalistik

INFODESA173 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Sebanyak 50 siswa SMA Negeri 8 Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel) mendapat kesempatan belajar jurnalistik dengan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Luwu Raya Toraja di Aula sekolah setempat, Sabtu(14/12).

Pelatihan selama dua hari itu digelar berkat kerja sama dengan Osis dan Wakasek bagian Humas.
Anwar Tanding mengatakan, selama pelatihan siswa diberikan beberapa materi jurnalistik untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia(SDM) para siswa-siswi. Di antaranya, materi dasar-dasar jurnalistik, menjadi netizen cerdas, fotografi, video jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, teknik menulis berita, hingga terakhir evaluasi penulisan berita.

“Meski pelaksanaannya hanya dua hari, kami optimis para siswa dapat menerima materi dengan baik dan bisa mempraktekkan di lingkungan sekolah,” ujar Anwar Tanding mantan wartawan Palopo Pos.

Pelatihan jurnalistik di sekolah ini merupakan yang kedua kalinya. Di tahun 2014 sebelumnya di aula ini juga.
“Ini kerja sama yang baik, semoga memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya para pelajar,” terangnya.

Sementara Kepala UPT SMAN 8 Lutra Suryadi S.Pd, M.Pd dihubungi terpisah berterima kasih kepada pengurus PWI Luwu Raya-Toraja dan pengurus PWI Korda Luwu Utara atas terselenggara pelatihan jurnalistik itu.

“Setelah pelatihan diharapkan anak-anak bisa menerapkan ilmunya dan memproduksi berita positif yang dapat disebarluaskan di masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah melalui bulletin sekolah.

Paling tidak setelah pelatihan dua hari ini mereka memberikan kontribusi pada sekolah,” paparnya, seraya menambahkan pelatihan tersebut sangat penting untuk memajukan siswa, terutama dalam bidang tulis menulis.

Harapannya, selama pelatihan bisa berjalan maksimal dan nantinya bisa menjadi wartawan di sekolah. Sebab, yang ditunjuk ikut pelatihan jurnalistik ini merupakan siswa pilihan dan teladan,” tuturnya.

Di tempat yang sama Ketua PWI Luwu Raya-Toraja, Aryanto T didampingi Husain Rasyid yang akrab dipanggil Ujeng mengharapkan melalui pelatihan jurnalistik, siswa di SMA Negeri 8 Lutra, mendapatkan ilmu tentang jurnalistik dan dapat mempraktekkan di lingkungan sekolah.
“Semoga selama kegiatan dapat berjalan,” (yus)