Kapolsek Masamba Hadir Ikuti Bawaslu Provinsi/Kabupaten, Bentuk Desa Pengawasan Anti Politik Uang

INFODESA104 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Gerakan anti politik uang secara masif terus digalakkan Bawaslu Provinsi Sulawesi-Selatan Kabupaten Luwu Utara menjelang Pilkada Luwu Utara(Lutra) bulan September tahun 2020.

Salah satu upayanya, Bawaslu membentuk Desa Pengawasan Anti Politik Uang. Bawaslu Kabupaten Lutra telah melakukan sosialisasi pembentukan desa ini, Selasa(26/11) di permandian alam Salu Kula’ Desa Kamiri Kecamatan Masamba.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan Deklarasi Desa Anti Politik Uang yang dilaksanakan hari ini Selasa.

Sementara itu, sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam mengawal jalannya Pilkada 2020 kedepan, masyarakat Desa Kamiri mendeklarasikan diri sebagai Desa Pengawasan Pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara Muhajirin menyampaikan, deklarasi Desa Pengawasan Pemilu ini merupakan titik awal peran masyarakat terhadap pengawasan partisipatif masyarakat dan juga penolakan praktik politik uang. Ia menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat Desa Kamiri di Kecamatan Masamba ini yang menjadi pionir terbentuknya Desa Pengawasan Pemilu di Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang.

Sementara itu, Kapolsek Masamba Iptu Budi Amin mewakili Kapolres Luwu Utara AKBP Agung Danargito mengatakan,” semoga Desa Kamiri sebagai Desa Pengawasan Pemilu ini mudah-mudahan menjadi pionir bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten wilayah hukum Polres Luwu Utara untuk turut andil dalam mengawal hak pilihnya dalam pesta demokrasi yang akan datang. Kami harap masyarakat juga berani tolak politik uang demi terwujudnya pemilu yang bermartabat dan berintegritas” tegas Budi Amin panggikan akrabnya Kapolsek Masamba.

Budi Amin pun mengapresiasi semangat masyarakat Desa Kamiri Kecamatan Masamba untuk datang mendeklarasikan Desa Pengawasan Pemilu. “Mudah-mudahan deklarasi ini tidak hanya sekedar seremonial saja. Tetapi bisa diwujudkan dalam masa kampanye, masa tenang hingga hari pemungutan suara dalam Pilkada 2020. Sehingga nantinya mudah-mudahan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang sendiri tidak ada politik uang dalam Pilkada 2020,” harapnya.

Sekadar informasi yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Bupati Lutra Indah Putri Indriani diwakili asisten I Pemerintahan, Kapolres Luwu Utara diwakili Kasat Reskrim, Ketua Bawaslu Provinsi Suksel dan Ketua Bawaslu Kabupaten Lutra, Kajari Indawan Kuswadi, Kadis PMD, Kapolsek Masamba, Danramil Masamba diwakili Bhabinsa serka Syamsul, Camat Masamba Ari Setiawan, Kepala Desa Kamiri dan masyarakat setempat.(yustus)