Hari Aksara Internasional Ke-54, Ini PR Kita, Komentar Wabup Lutra

INFODESA250 Dilihat

LUWU UTARA, INFODESANEWS – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 mulai 5-8 September 2019 lalu. Puncak peringatan HAI telah diselenggarakan pada tanggal 7 September 2019 di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan(Sulsel).

Wakil Bupati Luwu Utara(Lutra), Muh. Thahar Rum mengajak dan mengatakan seluruh stakeholder dan masyarakat Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra untuk ikut memberantas buta aksara didaerah ini.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Lutra, Muh Thahar Rum pada media ini, Senin(9/9/2019) bahwa,” kita terus berupaya terlibat didalam menekan angka buta aksara sekaligus mrmberantasnya di Bumi Lamaranginang. Ini suatu kewajiban dan keharusan kita semua untuk bersama-sama mendukung upaya pemberantasan di Lutra,” harapnya.

Kegiatan memperingati Hari Aksara Indonesia(HAI) ke-54 dilaksanakan sebagai salah satu wujud komitmen Indonesia dalam pengentasan buta aksara. Serta melaksanakan komitmen internasional yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Lanjut Wabup Lutra, Unesco juga telah menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. “Dengan memperingati Hari Aksara Internasional, kita perkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan, baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota dalam penuntasan buta aksara,” ucap Thahar Rum.

Ia menyebutkan, thema yang diusung oleh Kemendikbud kali ini adalah,” Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”. Tentu thema tersebut disesuaikan dengan thema besar dari UNESCO pada HAI ke-54 yaitu “Literacy and Multilingualism”.

“Dengan thema ini, kami berharap program Pendidikan keaksaraan dapat memanfaatkan peluang dari keberagaman budaya dan bahasa,” jelas Thahar.(yustus).