Kodim 0805/Ngawi Adakan Sosialisasi Dan Gerakan  Pengendalian Hama Tikus

INFODESA103 Dilihat

NGAWI, INFODESANEWS – Menyikapi mewabahnya hama tikus yang mengancam kegagalan produksi padi di sawah pertanian, Kodim 0805/Ngawi bersama instansi terkait mengadakan sosialisasi dan gerakan pengendalian hama tikus bertempat di Desa Ngleri Kecamatan Pangkur, Selasa (03/09/19).

Di temui di lokasi Dandim 0805/Ngawi Letkol Arh Hany Mahmudhi,S.E., mengatakan tikus sawah merupakan salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan petani.

Meningkatnya luas serangan hama tikus juga dapat disebabkan oleh karena tidak adanya antisipasi berupa gerakan massal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum tanam , selain itu kebanyakan petani terburu waktu untuk segera tanam padi kembali dan tidak memberikan jeda waktu untuk melakukan gerakan massal secara serentak.

Untuk mengantisipasi dan menekan  populasi hama tikus tersebut Kodim 0805/Ngawi bersama instansi terkait melaksanakan Sosialisasi Dan Gerakan  Pengendalian Hama Tikus kepada para petani di wilayah Kabupaten Ngawi.

Dandim juga mengingatkan kepada para petani untuk mengendalikan hama tikus ini tidak menggunakan jebakan dengan aliran listrik karena jebakan dengan aliran listrik ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan korban jiwa, tuturnya.

Untuk mencegah terjadinya Korban jiwa akibat penggunaan aliran listrik Dandim menyampaikan kepada para petani untuk pengendalian hama tikus ini agar menggunakan cara pengumpanan, gropyokan, perburuan langsung, penyemprotan lubang-lubang tikus maupun pemasangan bahan-bahan lainnya, pungkasnya.

Diharapkan dengan Gerakan Pengendalian Massal Hama Tikus ini akan dapat memotivasi petani dalam ikut serta menekan serangan hama tikus untuk pencapaian peningkatan produksi padi di Kabupaten Ngawi ini, ucap Dandim.(p21yo)