Puluhan Hektare Tanaman Padi Di Candipuro Terancam Gagal Panen

INFODESA84 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS –Puluhan hektare tanaman padi di wilayah Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, terancam gagal panen. akibat kemaru yang berkepanjangan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Infodesanews.com. para petani di Desa Sidoasri, Kecamatan Candipuro, mulai hawatir dengan kondisi tanaman padinya yang mulai mengering. akibat sejak satu bulan terakhir tak kunjung turun hujan.

Menurut salah seorang petani, bahwa sebelumnya juga telah bercibaku dengan segala upaya mengusir hama Tikus dan Lembing yang menyerang tanaman padi, hingga nyaris ludes.

“Baru saja kami mengusir hama-hama tersebut Kini kamipun dihantui dengan kegagalan panen akibat kurangnya pasokan Air,”ujar Junet (45) warga Desa setempat.

Dijelaskannya, jika dalam satu atau dua Minggu kedepan tak kunjung turun hujan dipastikan panen akan gagal,

“Karena saat ini sudah banyak lahan sawah yang kekeringan dan mulai retak-retak akibat teriknya panas dan kurangnya pasokan Air. sehingga membuat tanaman padi di pastikan mati.
“Meski kita telah membuat sumur bor dalam satu Hektare satu unit sumur untuk mengairi, namun masih kurang mampu,”Kata dia pada Infodesanews.com. Rabu (14/8/2019)

Sementara itu petani lainya, mengatakan untuk di Desa kami saja yang saya tau, kurang lebih 50 Hektare lahan sawah yang di tanami padi dan kekurangan pasokan Air.
“Belum lagi yang ada di Desa lainya di Kecamatan Candipuro, yang mengalami kekurangan pasokan air.

“Dari 50 Hektare lahan sawah yang ada di Desa kami, rata-rata memiliki sumur bor, “Namun itu semua tidak mampu untuk mengairi lahan dan tanaman padi yang ada.”ujar Narto. (Sg/Bmb)