Ini Pesan Habib Lutfi Saat Hadiri Haul Di Kayen

NASIONAL120 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Haul Syeh Abu Hasan Ali Assadzily Kayen berlangsung meriah. Segenap unsur umaro’ dan ulama hadir dalam rangkaian acara yang digelar Selasa (30/7). Unsur-unsur muspida hingga PCNU Pati Dan Pengurus Banom NU Se-Kawedanan Kayen turut serta dalam peringatan haul tersebut.

Namun ada yang istimewa dalam agenda yang digelar di rumah H. Muh Sholikin, Dukuh Duwan, Desa Sundoluhur, Kec Kayen tersebut. Hadirnya Habib Luthfi Bin Yahya dari Kota Pekalongan menambah animo masyarakat terutama warga nahdliyyin memuncak. Dalam acara tersebut tampak beberapa anggota Banser mengumandangkan solawat sukacita saat menyambut Habib Luthfi.

Dalam kesempatan malam itu, Habib Luthfi Bin Yahya memberikan beberapa wejangan untuk warga. Namun, Habib Luthfi menekankan pada pentingnya menjaga sejarah. Pesan ini bukan hanya disampaikan kepada generasi muda untuk terus mempelajari sejarah dan menghormati orang tua. Namun Habib Luthfi juga memberi petuah untuk generasi tua agar senantiasa mengajarkan sejarah-sejarah leluhur kepada para penerusnya.

Hilangnya sejarah, lanjut Habib Luthfi adalah salah satu hal yang sangat membahayakan bagi ummat. Pasalnya, luputnya pemahaman akan sejarah dalam satu generasi tertentu dapat menyebabkan sirnanya jati diri. Dengan intonasi yang tegas tapi penuh ketenangan, Habib Luthfi berpesan agar para generasi muda selalu menghormati yang lebih tua deni cerahnya masa depan bangsa.

“Kalau sampean (red : kamu) ingin hidup mulia, hormati guru dan orang tua. Itu kuncinya” tandas Habib Luthfi.

Pesan ini sangat berkaitan dengan kehidupan bangsa di era mendatang. Bisa dibayangkan jika semua yang datang mau menjalankan nasihat ini, maka generasi yang bermartabat bukan suatu hal yang mustahil. (Karim/LTN NU Pati)