MULAWARMAN PEDULI, Dandim Kubar Peduli Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Di Perbatasan

INFODESANEWS.COM. -KUTAI BARAT, Dalam acara Pencanangan Gotong Royong Masyarakat ke 16 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ke 47 Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur tahun 2019.

Komandan Kodim 0912/Kutai Barat Letkol Inf Anang Sofyan Effendy lebih memilih memotifasi masyarakat Kampung Jenangdanum Kecamatan Damai dan sekitarnya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap Kampung yang ada di wilayah Kutai Barat, Jum’at (5/7/2019).

Dandim mengatakan “Jika menggunakan kejelian dalam mengamati kehidupan masyarakat kita yang ada di Kampung – kampung, maka pasti akan ditemukan potensi besar yang dimiliki oleh sebuah kampung tersebut, terutama kerajinan tangan, kain tenun, dan seni ukir lainnya, yang bisa dikembangkan, menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung tersebut tentunya, “tutur Dandim”.

Dandim juga menambahkan bahwa salah satu yang mempercepat meningkatnya perekonomian masyarakat adalah tempat obyek wisata, hasil bumi, kekayaan kuliner semua potensi yang ada di wilayah, bila ini kita mampu memfasilitasinya maka bisa di pastikan taraf sumber pendapatan masyarakat tentu memiliki grafik yang meningkat.

Dandim selalu berupaya bersama pemerintah Daerah Kutai Barat, berkoordinasi, bekerja sama dan berupaya mendorong masyarakat dalam meningkatkan perekonomian yang ada di wilayah Kampung apa lagi di daerah Perbatasan RI-Malaysia.

Dandim juga mengharapkan agar masyarakat harus berperan aktif ikut memajukan potensi yang ada di wilayah masing – masing, tempat tinggalnya sebagai upaya peningkatan taraf pendapatan ekonomi keluarga.

Untuk mencapai taraf Ekonomi yang matang tentu kita harus memiliki beberapa aspek di antaranya mutu sumber daya manusia yang baik dan memiliki wawasan yang cemerlang dan mampu mengembangkan keterampilan yang dimilikinya serta mampu menguasai kebutuhan konsumen/pasar.

Penulis Murdi Alataduri