Sumali Siap Mewujudkan Desa Pasuruan Menjadi Desa Sejahtera Mandiri

INFODESA131 Dilihat

LAMPUNG SELATAN,INFODESANEWS — Calon Kepala Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan dengan nomor urut 1 Sumali,siap bersaing di pertarungan Pilkades serentak gelombang III tahun 2019 yang akan berlangsung pada 26 Juni 2019 mendatang yang.

Sumali salah satu calon Kades di Desa Pasuruan yang maju dengan niat ibadah dan mengabdikan diri untuk membagun Desa Pasuruan Menjadi Desa Mandiri dan Sejahtera.

Sumali membawa Visi

Terwujudnya Desa Pasuruan Menjadi Desa Mandiri dan Sejahtera

Dan Misi untuk Mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik
Menjunjung tinggi aspirasi dan partisipasi warga desa dengan mengedepankan musyawarah untuk mufakat .

Mengembangkan potensi desa dengan meanfaatkan tekhnologi informasi .

Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang bermutu dan memadai.

Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.

Meningkatkan mutu dan kesadaran kesehatan masyarakat.

Mengembangkan kegiatan keagamaan dan kebudayaan serta menjamin kerukunan antar umat beragama.

Memberdayakan pemuda mulai dari perencanaan , pelaksanaan dan pelestarian pembangunan desa. 

Desa yang memiliki luas wilayah sekitar 377 hektar yang terdiri dari 8 dusun dan 20 RT dengan jumlah penduduk 3.998 jiwa menjadi alasan kenapa Desa pasuruan menuju desa Mandiri dengan segudang potensi desa yang bisa dikembangkan.

Terwujudnya Desa Pasuruan yang mandiri, mampu dalam pengelolaan potensi desa dan pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, yaitu dengan Peningkatan masyarakat melalui pelatihan LIFE SKILL dengan terwujudnya Lembaga Pendidikan Kursus Gratis untuk masyarakat sehingga masyarakat desa pasuruan Bedaya saing.

Sampah mejadi masalah di berbagai Daerah bahkan Dunia Pengelolaan Sampah juga menjadi program kerja saya sehingga terwujudnya Bank Sampah Desa supaya pengelolaan sampah nantinya menggunakan konsep 3R, yakni reduce (mengurangi), reuse (memanfaaatkan), dan recycle (mendaur ulang) sampah. Dengan metode ini, diharapkan hanya limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) yang dibuang ke TPA.

“Harapan kedepan jangan sampai Potensi Desa Pasuruan yang ada ini nanti tidak bisa dinikmati oleh anak cucu kita maka yang kita terapkan di sini adalah manajemen sistem nya yang berkelanjutan,” ujarnya.

“Dengan adanya Dana Desa atau Undang Undang Desa yang sudah diundangkan ini dari desa-desa harus pintar-pintar menggali potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat karena nantinya Desa Pasuruan dengan desa-desa yang lain akan bersaing untuk menggali potensi untuk masyarakatnya dan juga menggali perekonomian di desa tersebut,”

”Jika pemerintah telah mengetahui ada semangat anak-anak muda di desanya untuk terlibat dalam kegiatan yang positif, selaku Pemerintah Desa harus turun langsung melihat dan terlibat agar bisa bersinergi untuk membangun desa. Karena strategi mengelola manusia saat ini akan menentukan nasib desa di masa yang akan datang”, ungkap Calon Kades yang akrab di panggil Bapak Mali pada Infodesanews.com. Jum, at (31/5/2019)

Saya meyakini pogram ini sangat mendidik, karena di dalamnya terdapat banyak informasi yang penting. Sudah seharusnya pemerintah desa terbuka terhadap segala informasi, baik tentang kebijakan sampai pada urusan mengelola anggaran. Termasuk mengabarkan semua hal baik dan inspiratif agar warga bergerak ikut membangun desa bersama-sama.

“Dengan Memaksimalkan Peran Perpustakaan desa sebagai Tempat Berkegiatannya Masyarakat desa Pasuruan itu juga menjadi salah satu program karena Kita berharap akan banyak lahir pemimpin muda yang berhasil membangun desa untuk kesejahteraan warganya sehingga terwujudnya “Desa Literasi”, Tegas Sumali. (Sg)