Babinsa Malinau Didatangi Para Peternak Kambing

INFODESA109 Dilihat

SAMARINDA, Infodesanews.  – Berbekal pelatihan Katpuan Apkowil yang diselenggarakan pusat teritorial TNI-AD seorang Babinsa di Kaltara mampu membantu mengatasi kesulitan masyarakat peternak kambing di wilayahnya. Senin, (25/03/2019).

Panggilah namanya Sertu Sutega yang keseharianya sebagai Babinsa di Koramil 07/Mentarang Kodim 0910/Malinau, telah dikenal oleh kalayak para peternak kambing di wilayah Kabupaten Malinau. Berawal dari keberhasilanya dalam mengembangkan ternak kambing jenis PE (Peranakan Etawa).

Mengingat banyak nya kendala penyakit ternak kambing di wilayah ini yang terjangkit penyakit terutama penyakit kudis yang mengakibatkan kematian bagi ternak yang ada, tetapi situasi ini tidak terjadi pada peternakan kambing Sertu Sutega ini.

Dengan berawal dari 2 ekor kambing dalam tempo kurang dari 5 tahun sudah bisa berkembang mencapai puluhan ekor anak kambing dan yang cukup menarik dari pola ternak Sertu Sutega, kambingnya bisa beranak rata-rata 3 ekor sekali beranak bahkan pernah beranak 4 ekor dari indukan yang dewasa.

Bermula dari keberhasilanya beternak kambing milik pribadi ini akirnya masyarakat sekitar penasaran dan kagum kenapa ternak kambing milik Tentara itu sehat semua tanpa ada cacat atau penyakit yang menjangkiti dan satu demi satu peternak kambing di desa itu minta agar Pak Babinsa mengobati kambing miliknya.

Ternyata hasilnya luar biasa dengan sekali suntikan penyakit ternak kambing itu pun sembuh namun sang Babinsa pun menyampaikan meskipun 1 kali suntik sudah sembuh tetapi agar virusnya betul-betul tuntas 1 bulan nanti di suntik 1 kali lagi. Demikian dari peternak yang 1 ke peternak yang lain sosok mantri hewan Sutega sudah tidak asing lagi.

Penulis Murdie