Kodim 0421/LS Bersama Polhut Propinsi Lakukan Patroli Hutan Kawasan

INFODESA172 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebanyak 30 Personil Tim gabungan terdiri dari Polisi Kehutanan (Polhut) Propinsi Lampung bersama Anggota Komando Distrik Meliter (Kodim) 0421/LS menggelar Patroli di wilayah hutan Kawasan. Sabtu (16/3)

Patroli Gabungan yang dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti informasi dari masyarakat tentang maraknya kegiatan pembalakan liar yg terjadi di wilayah hutan Register 19 Tahura Wan Abdurrahman Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran,

kegiatan Patroli Gabungan Polisi Kehutanan Propinsi Lampung bersama Kodim 0421/LS. Adapun wilayah dalam kawasan Register 19 yang di awasi meliputi Pulau Raya, Umbul Solo, Limbungan dan Sungai Rajasin.

Menurut Amir Syah Kasat Polhut Provinsi Lampung. Amir Syah patroli rutin ini akan terus dilakukan secara tiba-tiba agar tidak terbaca oleh para pembalak liar.

“Untuk kegiatan patroli kedepan akan melibatkan unsur-unsur TNI maupun Polisi yang ada di wilayah.
Hal ini dilakukan karena keterbatasan tenaga dan luasnya daerah yg akan dipantau.” kata Amir.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0421/LS yang diwakili oleh Kapten Inf Suprapto Danramil 02/Gedong Tataan mengatakan bahwa TNI dalam hal ini Kodim 0421/LS akan siap membantu dalam mengatasi masalah pembalakan liar yang semakin marak saat ini.

“Kita ketahui bahwa dampak langsung akibat pembalakan liar di kawasan hutan yang dialami oleh warga masyarakat di Kecamatan Gedong Tataan dan wilayah sekitarnya adalah banjir pada musim hujan seperti sekarang ini.”kata dia.

Saya berharap dan mengimbau menghimbau agar warga masyarakat secara bersama-sama menjaga kelestarian kawasan hutan dan melaporkan apabila terjadi pembalakan liar kepada aparat.” imbuhnya.

Diketahui dalam kegiatan patroli gabungan kali ini melibatkan sekitar 30 personel baik dari Polhut Propinsi Lampung, Dinas Kehutanan Propinsi Lampung, Kodim 0421/LS dan beberapa elemen masyarakat pemerhati lingkungan hidup.

Dalam kegiatan Patroli Gabungan kali ini berhasil temukan beberapa barang bukti kegiatan pembalakan liar berupa 130 batang kayu berupa Balok Kaleng, 9 Lok kayu jenis Sono Keling, Derigen tempat Bahan Bakar dan satu unit Tenda.

Danramil 01/Kedondong Kapten Chb. Agus Masgus menyatakan bahwa dalam patroli kali ini ditemukan beberapa barang bukti hasil kegiatan pembalakan liar berupa 130 Balok Kaleng, 9 Lok jenis kayu Sonokeling, tenda dan bahan bakar. “Barang bukti ini selanjutnya diamankan oleh Polhut Propinsi Lampung pungkasnya. (Sg)