Ratusan Hektare Padi Sawah Di Lampung Selatan Terancam Gagal Panen

INFODESA116 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Ratusan hektare tanaman padi sawah di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan terancam gagal panen kerena terpendam Air luapan Air Sungai Way Pisang akibat tanggul Penangkis yang Jebol.

Diketahui, banjir yang terjadi dan merendam ratusan hektare sawah milik warga itu di perkirakan terjadi sejak Minggu malam pukul 22.00 wib, yang mana merupakan Air kiriman dari wilayah Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. dan beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Palas.

“Akibat arus air yang deras dan besar membuat Sungai Way Pisang tidak mampu menahan derasnya arus air akhirnya Tanggul Penangkis dan Tanggul Sungai Way Pisang Jebol yang memang belum di perbaiki.”ujar Didik Staf Intel Kodim 0421/Lamsel.

Akibat dampak jebolnya tanggul tersebut merendam sekitar 120 Hektare persawahan yang ada di Desa Sukaraja, Sukamulya , Desa Pematang Baru dan Desa Bangunan yang mayoritas sudah ditanami padi berumur rata” 10 hingga 15 hari akibatnya tanaman tersebut terancam puso (gagal panen).

Selain itu Akses Jalan Desa Sukamulya menuju Desa Pematang juga terputus belum bisa dilalui karena debit air masih relatif cukup tinggi.”imbuhnya.

Sementara itu Camat Palas , Rika Wati , S.STP.MM , Plh. Kupt PU dan Kupt Pertanian , Agus Sentosa yang didampingi oleh Kades Sukaraja Samsul Bahri serta Babinsa Desa setempat Serda. Heri Siswanto dan juga masyarakat meninjau dilokasi banjir untuk pendataan secara rinci. Senin (4/3) (Sg)

(sumber staf Intel Kodim 0421/Lamsel)