Dewan Kerja Ranting Banyumas Gelar Aksi Untuk Lingkungan

PENDIDIKAN74 Dilihat

PURWOKERTO, INFODESANEWS – Dewan Kerja Ranting (DKR) Banyumas Kwartir Cabang Banyumas hari ini menggelar Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Banyumas. Selasa (1/1/2019)

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan Pramuka Penegak Pandega se Kwarran Banyumas. Kegiatan aksi untuk lingkungan ini biasa disebut Karya Bakti Pramuka yang sering disingkat KARTIKA, dimana gerakan aksi untuk lingkungan ini berupa jemput sampah.

Ketua DKR Harif Wijayanto mengatakan kegiatan bertujuan untuk menjadikan kota Banyumas terutama Alun-alun Banyumas bersih kembali dan untuk mengingatkan masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungannya dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wadah untuk menyambut tahun baru 2019 dengan berbuat kebaikan.

“Kebaikan yang kita lakukan di awal tahun ini diharapkan menjadi pengantar kebaikan dikemudian hari,” katanya.

Sebelum terjun ke lokasi, terlebih dahulu diberi pengarahan oleh Waka Binawasa Kwarran Sugiman dan Sekretaris Binamuda, Mokhammad Zain.

“Ini bagian dari Dasa Dharma yang kedua, cinta alam dan kasih sayang terhadap manusia, yang sangat positif dimasa liburan sekolah. Yang biasanya liburan ke tempat wisata, namun kalian mengisinya dengan sebuah kegiatan yang bermanfaaat bagi masyarakat sekitar, khususnya Kecamatan Banyumas,” kata Sugiman.

Sementara Mokhammad Zain terus menyemangati sampai akhir kegiatan dilaksanakan.

“Hati-hati selama kegiatan berlangsung karena di wilayah sekitar jalan umum yang banyak kendaraan lalu lalang” pesanya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Polsek Banyumas dan Koramil 07/Banyumas, mereka saling membantu bersama peserta serta dan warga sekitar untuk membersihkan Alun-alun Banyumas. Pada akhir kegiatan tersebut para peserta mengikuti sarasehan sebagai wadah persaudaraan pramuka penegak dan pramuka pandega. (Afilda/yono)