Pramuka Sumpiuh Gelar Aksi Jemput Sampah

PENDIDIKAN98 Dilihat

BANYUMAS, INFODESANEWS – Puluhan pramuka penegak dari berbagai pangkalan se- Kwarran Sumpiuh menggelar aksi peduli dengan menggelar aksi jemput sampah, Selasa (1/1/2019) di Taman Kota Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Sampah ini merupakan sisa perayaan tahun baru yang dilakukan masyarakat. Aksi dipimpin oleh Ketua Unit Pramuka Peduli Kwarran Sumpiuh Dwi Rachmawanto.

Dia mengungkapkan sengaja merencanakan aksi jemput sampah mengingat setiap ada kegiatan besar banyak sampah yang tertinggal. Selain untuk menjadikan taman kota kembali bersih juga untuk kampanye mengingatkan masyarakat agar peduli dengan sampah dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Kita prihatin masih kurangnya kesadaran warga untuk peduli sampah,” katanya

Salah satu pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR) Muhammad Ridho mengantakan kegiatan aksi diikuti oleh 8 pangkalan yaitu SMAN 1 Sumpiuh, SMK Giripuro Sumpiuh, MAN 3 Banyumas, SMK Muhammadiyah Sumpiuh, SMK YPE Sumpiuh, SMK Kesehatan Baktihusada Sumpiuh, SMA Diponegoro Sumpiuh, SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dan juga dari unsur Pramuli, Saka Bhayangkara, unit jurnalistik dan PTM DKR Sumpiuh.

“Jumlah peserta aksi mencapai 130 pramuka, sehingga dalam waktu singkat puluhan kantong sampah terkumpulnya,” kata Ridho.

Setelah dipilih dan dipilah sesuai jenisnya sampah ada yang dibuang ada pula yang masuk bank sampah.