Sosialisasi Pik Remaja Desa Ketringan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Tahun 2018

INFODESA205 Dilihat

BLORA,INFODESANEWS — Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK R ) yang dilaksanakan di desa Ketringan, kecamatan Jiken, kabupaten Blora pada hari Senin,31 Desember tepatnya pukul 10:00 WIB berjalan dengan lancar.

PIK Remaja desa Ketringan yang dinamakan ” MUTIARA HATI ” sudah ada sejak tahun 2017 dan dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh TP PKK Jiken,PL KB Jiken,Puskesmas Jiken,Kepala Desa Ketringan beserta perangkat desa,Ketua PIK R desa Ketringan dan 60 peserta lainya yang mewakili antar dukuhan yang ada di desa Ketringan.

Dalam sambutan pertama Indah Luluk sebagai Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK ) Kecamatan Jiken mensosialisasikan tentang penyalahgunaan narkoba ,pergaulan bebas, dampak positif dan negatif dari kecanggihan HP / Smartphone yang bisa mengakibatkan rusaknya karakter remaja serta sopan santun dalam berpenampilan. ” Remaja desa Ketringan sebagai generasi penerus bangsa harus lebih kompak dalam membangun karakter untuk mewujudkan kemajuan bersama. ” Terang Indah.

Lebih lanjut Rizal Khairul sebagai Petugas Lapangan Keluarga Berencana ( PLKB ) Jiken juga menerangkan, ” PIK R merupakan suatu wadah dimana wadah itu di isi dari,oleh dan untuk remaja itu sendiri.Nah disini dengan adanya PIK R kita mencari orang-orang yang bisa memberikan informasi bagi orang lain dan mengerakkan masyarakat khususnya remaja untuk meningkatkan kualitas remaja dan membina remaja itu sendiri.” Ujarnya.

Wahono selaku Kepala Desa Ketringan menjelaskan bahwa , ” Dengan adanya PIK R ini sangat bagus dalam keadaan saat ini karena untuk menanggulangi kenakalan remaja yang ada di era sekarang ini,meminimalisir terjadinya pernikahan dini dan mencegah penggunaan Narkoba.” terang Wahono dalam sambutannya.

Senada dengan itu Andy sebagai wakil ketua PIK Remaja Desa Ketringan menambahkan ,

” Dengan adanya PIK R di desa Ketringan ini semoga kedepannya para remaja di desa ini bisa lebih maju dalam meningkatkan mutu muda-mudi didesa ini,” Kata Andy.

Sebagai penutup Dwi Puji Astuti selaku perwakilan dari Puskesmas Jiken juga mengimbuhkan,

” Untuk desa Ketringan sudah ada perkembangan dari Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS ) dan ODF nya sudah baik.” pungkasnya.

Kemudian semua peserta yang hadir dalam acara tersebut melanjutkan untuk makan siang bersama di kediaman kepala desa Ketringan. ***Andy.