Desa Bojong Kabupaten Bogor Memiliki Banyak Potensi

INFODESA155 Dilihat

BOGOR, INFODESANEWS – Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Tommy Kurniawan menyambangi Kampung Sawah, RT 1/ RW 06, Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Senin (12/11)

Dikatakan dalam kunjunganya kedesa Bojong untuk menghadiri refleksi dalam rangka peringatan hari Pahlawan 10 November 2018. sekaligus peluncuran Program 1.000 wirausaha Milinial Kabupaten Bogor. yang digagas oleh Yayasan At-Tawassuth.

“Kami meluncurkan Program 1.000 wirausaha millenial, untuk mendorong kebangkitan wirausaha muda dengan memanfaatkan media sosial, guna memperkuat potensi ekonomi dan kerajinan lokal Bogor,” kata Fahir.

Desa Bojong memiliki banyak potensi yang dapat dijadikan andalan untuk mendorong penguatan ekonomi masyarakat, antara lain sektor pertanian yang menjadi tumpuan pencaharian mayoritas warga, kerajinan tangan hingga kuliner khas seperti oncom hideung, deblo dan dage Bojong.

“Selain itu, potensi ekonomi kreatif pemuda juga dapat dikembangkan, seperti pembuatan buket, yang digandrungi oleh generasi millenial.

“Kami melihat ada peluang besar yang dapat dikelola dari ketergantungan masyarakat pada media sosial, yakni dengan berwirausaha secara online baik untuk kalangan muda maupun tua. Karenanya, kami gagas pengembangan 1.000 wirausaha millenial, guna membangkitan potensi ekonomi lokal,” tegas Fahir.

Kepala Desa Bojong, Asep Saefudin mengatakan, kehadiran Tommy Kurniawan ke desanya diharapkan dapat membawa dampak positif guna menggeliatkan kembali kerajinan dan kuliner khas Bojong.

“Saat ini berusaha lewat online sudah menjadi tren. Dengan bintang iklan publik figur seperti Kang Tomkur, kita berharap potensi kerajinan dan kuliner khas Desa Bojong dapat dipasarkan lebih luas untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” kata Asep.

Selama berada di Desa Bojong, Tomkur mengunjungi sejumlah lokasi, yakni Workshop Otomotif milik RT Dalung yang notabene sebagai binaan Kemenpora RI di Kampung Bojong Hilir, RW 10, dan melihat pusat kerajinan pelipatan kasa dan klinik Yayasan At-Tawassuth di Kampung Bojong Hilir RW 9.

Selanjutnya, menyambangi Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin di Kampung Bojong Kaum, RW 2,  dan melihat kerajinan pembuatan kuliner rengginang di RW 2, dan menyampaikan materi pada pelatihan wirausaha millenial di Kampung Sawah, RW 06.

Kunjungan Tomkur dengan sapaan akrabnya, ke sejumlah lokasi di Desa Bojong, selalu disambut riuh ratusan warga setempat, yang didominasi kaum ibu. Posisinya sebagai artis alias publik figur menjadi daya tarik bagi warga Bojong untuk melihat dari dekat sosok yang kini tengah bertarung sebagai Caleg PKB DPR RI dari Dapil Jabar V Kabupaten Bogor.

Tomkur mengatakan pelatihan wirausaha millenial yang digagas Yayasan At-Tawassuth sebagai iikhtiar nyata dalam membangkitkan minatt wirausaha di kalangan generasi muda.

“Wirausaha dapat dikembangkan dengan modal skill dan network yang dimiliki. Kemudahan akses informasi dan komunikasi melalui online harus bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi usaha,” papar Tomkur.

Ia yakin bila generasi muda makin banyak yang terjun ke wirausaha, perenomian masyarakat akan bangkit, baik pada level daerah maupun nasional.

“Rasio wirausaha kita dengan jumlah pendudujk masih sangat timpang. Kita harus terus mendorong pertumbuhan jumlah wirausaha, agar perenomian nasional makin kuat dan kokoh,” demikian Tommy Kurniawan. (*)