KPUD Lampung Selatan Mulai Persiapkan Sejumlah Logistik Kebutuhan Pemilu 2019

INFODESA98 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sejumlah perlengkapan dan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Pileg dan Pilpres yang akan di gelar secara serentak pada 17 April 2019 mendatang telah di terima oleh pihak KPUD Lampung Selatan,

Menurut Sekretaris KPUD Lampung Selatan, Bejo Purnomo, dari berbagai jenis logistik pemilu seperti bilik suara, kotak suara, alat pencoblos, tinta pemilu dan kertas suara, baru 2 jenis logistik, yakni kotak suara dan bilik suara yang telah diterima oleh pihak KPUD Lampung Selatan.

“Namun dari jumlah pengiriman logistik itu pun masih ada kekurangan dari jumlah kebutuhan keseluruhan.”ujar Bejo.

Dijelaskan untuk Kebutuhan bilik suara di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 12.376 buah. Sedangkan bilik suara yang sudah ada dan berbahan dari kardus hanya ada 10.006 Pcs.

“Dan bilik suara yang berbahan dari alumunium dan bisa digunakan ada 2.366 buah, “Artinya untuk memenuhi kebutuhan masih ada kekurangan 4 buah bilik suara.”jelas Bejo pada awak media, Minggu (11/11)

Ia menambahkan, logistik lainya yang masih kurang yaitu untuk kotak suara, sebab yang di butuhkan untuk kotak suar sebanyak 15.668 katok suara.

“Sedangkan yang baru kita terima sebanyak 15.652 kotak suara, berarti untuk memenuhi kebutuhan tersebut masih ada kekurangan sebanyak 16 buah kotak suara. “Untuk memenuhi dari kekurangan tersebut, kita telah mengirim surat ke Sekjen KPU pusat,” imbuhnya.

Untuk menjaga keamanan logistik yang ada kami di bantu dari pihak Polres Lampung Selatan, dan kita tempatkan di dua lokasi gudang yang berbeda

“Karna keterbatasan tempat maka kita jadikan dua lokasi, kita juga telah menugaskan orang untuk perawatan khusus mengigat matrial yang di gunakan agak berbeda karna menggunakan matrial yang berbahan dari Kardus.”pungkas Bejo.

Sementara itu Ketua KPUD Lampung Selatan. Abdul Hafidz mengatakan persiapan logistik  pemilu ada 4 tahapan, yakni penerimaan dari pusat, perawatan juga pengamanan, pendistribusian ke seluruh daerah pemilihan dan penarikan.

“Untuk penerimaan logistik dari pusat, mulai penuh dilakukan pada awal Januari 2019 nanti. setelah kami terima, maka akan ditempatkan di gudang-gudang. Nantinya, sesuai perencanaan akan kami distribusikan ke seluruh daerah pemilihan.

“Kemudian yang terakhir adalah penarikan setelah seluruh tahapan pemilu dari tingkat TPS dan seterusnya telah dilaksanakan,” pungkas Hafidz.  (Sg)