Lima Rumah Diamuk Si Jago Kerugian Ratusan Juta

INFODESA67 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Sebanyak lima rumah di kawasan Dukuh Pekuwon Lor, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Blora ludes terbakar, pada Rabu (30/05/18) malam kemarin. Beruntung kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 845.000.000,-.

Unit Pemadam Kebakaran bersama anggota Polsek Jati Polres Blora dan warga setempat berusaha memadamkan kobaran api pada kelima rumah tersebut. Dirasa kuwalahan karena api sudah cepat membesar dan ditakutkan menjalar ke rumah lainnya, akhirnya rumah ke lima milik Suyadi (35) terpaksa dirubuhkan.

Pemilik rumah pertama dari asal sumber api adalah Sadiyah (55) bersama istrinya Patmi (50), nampak lemas tak berdaya melihat rumahnya dilalap si jago merah.

Kapolsek Jati Polres Blora AKP Joko Priyono, S.H mengungkapkan, kebakaran ini diduga bermula dari kayu bediang yang digunakan untuk penghangat ternak kemudian ditinggal pergi. Karena apinya terlalu besar, kemudian menjalar ke dinding rumah yang terbuat dari Kayu.

“Setelah dilakukan penyelidikan tidak ada tindak pidana kejahatan murni. Diduga, penyebabnya adalah bediang atau penghangat ternaik yang ada di Kandang kamibing milik Bu Patmi selanjutnya api langsung membakar dinding rumah dan menjalar ke empat lainnya Rumah lainnya,” ungkap Kapolsek, Kamis (31/05/18).

Berdasarkan kesaksian tetangga sekitar TKP tersebut, Noto (70) kebakaran terjadi mulai pukul 21.30 WIB malam.

“Sewaktu Sadiyah membuat bediang untuk 48 Ternak Kambingnya, Dia lalu pergi bernagkat sholat terawih namun Istrinya, Bu Patmi tinggal di rumah sendiri. Mulai Pukul 21.30 WIB, api menyambar dinding rumah, kemudian bu Patmi berusaha mematikan sambil berteriak minta tolong,” jelas Noto.

Namun api sudah terlanjur membesar dan akhirnya membakar rumah serta menjalar kerumah-rumah sekitarnya. Adapun rumah yang ikut terbakar adalah Milik Tarmo, Samin, Yahmo, dan Suyadi yaitu rumah yang dirobohkan.

“Sekitar pukul 22.00 WIB, lima unit mobil pemadam kebakaran dari Kab. Blora dan Grobogan datang ke lokasi dan segera berusaha memadamkan api. Pukul 00.00 WIB api berhasil dipadamkan,” pungkas AKP Joko Priyono.