Racana Soedirman Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

PENDIDIKAN218 Dilihat

Purwokerto, Infodesanews.com – Setiap anggota Pramuka adalah kantor berita. Kalimat tersebut sudah tidak asing lagi bagi setiap insan Pramuka, khususnya para anggota Pramuka yang berpangkalan di Racana Soedirman Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Untuk menghadapi tuntutan tersebut, kelompok kerja Jurnalistik Racana Soedirman menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dasar pada Minggu (27/5) di Sanggar Bakti Pramuka, Racana Soedirman. Kegiatan diikuti oleh 18 orang yang merupakan anggota kelompok kerja Jurnalistik Racana Soedirman. Pelatihan tersebut dibuka oleh Pembina Racana Soedirman, Dyah Susanti, S.P, M.P.

Dalam sambutannya Dyah berharap melalui kegiatan pelatihan para anggota Racana Soedirman dapat ikut berperan dalam menciptakan media massa yang sehat.

“Hindari penyebarluasan informasi yang mengakibatkan kebencian dan berita yang tidak benar,” katanya.

Ketua Dewan putra, Ilham Budi Santoso mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk membekali anggota Racana Soedirman tentang kejurnalistikan dan cara mempublikasikan kegiatan Racana secara luas.

“Dengan pelatihan ini kita berharap kegiatan Racana dapat terpublikasikan dengan baik, sehingga akan diketahui masyarakat secara luas,” katanya

Ilham menambahkan untuk pelatihan pertama untuk pemateri pihaknya menggandeng pimpinan media dan Tim Humas Kwarcab.

“Materi yang disampaikan antara lain tentang jurnalistik dasar, etika pers, teknik penulisan berita, teknik wawancara dan penyiaran berita,” tambah Ilham

Sebagai tindak lanjut, akan diadakan pula pelatihan jurnalistik tahap dua. Dan acara ditutup dengan buka puasa bersama.