Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Giatkan Monev di Desa – Desa

INFODESA105 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Bertempat di balai desa Krocok Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) melaksanakan monev kepada pemerintahan desa Krocok terhadap dana anggaran Dana desa dan Alokasi Dana Desa 2018

Tampak juga hadir dalam rombongan Tim kecamatan terdiri dari Pendamping tehnik infrastuktur, pendamping desa pemberdayaan, pendampng desa lokal dan kasi PMD kecamatan Japah Imam Tri Santosa.

Pada kesempatan itu Tumei Suharno Kabid Pengembangan Desa Dinas PMD Kabupaten Blora mengungkapkan Monev dilaksanakan melalui kegiatan diskusi untuk mengetahui hambatan dan kesulitan pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa mulai dari perencanaan, penatausahaan dan pelaporan.

“Tujuan utama dari Monev ini adalah melihat langsung kondisi di lapangan, mengumpulkan apa saja hambatan yang ditemui dalam pengelolaan Dana Desa untuk kemudian disusun sebagai laporan guna menyusun kebijakan selanjutnya yang lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Menurutnya, pertemuan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menda­patkan penjelasan dari tim kabupaten dan tanya jawab. Tujuannya untuk dijadikan dasar perbaikan terhadap kelemahan dan mengatasi perma­salahan yang terjadi. Selanjutnya dieva­luasi dan dimonitoring oleh satuan kerja pemberdayaan masya­rakat dan instansi terkait.

Senada dengan itu Ratman kepala Desa Krocok mengungkapkan kepada tim Sid Desa Krocok mengungkapkan berterima kasih kepada dinas PMD yang di wakili  Tumai berterima kasih atas kunjungan dan monev yang dilaksanakan di pemerintahannya , karna dengan adanya pengawasan tersebut akan membawa dampak yang baik dalam pelaksanaan pembangunan dan pengelolaanya pemerintahan di desa krocok

” Dengan adanya Monev ini akan menjadi semangat tersendiri buat kami dalam melaksanakan pembangunan,”ungkapnya.

“Dengan Monev ini juga menjadikan alat Kontrol buat kami dalam melaksankan administrasi yang semakin akuntable,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu pula kasi PMD kecamatan Japah Imam Tri Santosa mengapresiasi kesiapan yang di laksanakan pemdes Krocok dalam mensikapi akan adanya monev.

” Karna sebenarnya desa lebih di untungkan Pemkab Blora akan mengawasi secara langsung dan mengendalikan dana – dana yang telah di kucurkan pemerintah kepada desa agar dapat di laksanakan secara tepat guna, serta sejauh mana pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa dalam rangka pelaksanaan penyerapan dan pertanggungjawaban ADD dan DD agar penggunaannya tepat sasaran sesuai skala prioritas kebutuhan desa”pungkasnya.

Kegiatan di lanjutkan dengan pantauan langsung dengan mengunjungi lokasi pembangunan.(Adm)