Meriahnya Sedekah Bumi di Desa Bangsri Jepon

INFODESA176 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Acara tumpengan sedekah Bumi desa Bangsri yang dihadiri oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat dan yang lainnya, Jumat 12/4/2018 berlangsung sangat meriah sekali dengan pembukaan acara oleh Kepala Desa setempat .

Sebelum acara tumpengan dibagikan, Ada doa yang dilakukan oleh tokoh agama Desa atau yang biasa disebut Modin bertujuan untuk mendapatkan Ridho dari Allah SWT dan berkah untuk masyarakat desa Bangsri .

Masyarakat secara tertib berkumpul menunggu doa dan saling berbagi tumpeng setelah doa selesai,selain untuk rasa bersyukur tumpengan itu bertujuan untuk membentuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat desa Bangsri .

Rasa puas masyarakat kepada kepala desa Bangsri terlihat dengan meriahnya acara dan kasak kusuk warga yang mengatakan semakin meningkatnya pembagunan didesa Bangsri dan meningkatnya hasil pertanian tahun ini

Sedekah Bumi tahun ini guna memeriahkan acara sesuai dengan permintaan masyarakat Bangsri menghadirkan hiburan siang malam musik dangdut dari group Yonata dan Tayub (seni langen beksan Tayub) .

Disini terdapat dua tempat intuk melakuan bentuk rasa syukur Desa Bangsri kecamatan Jepon Kabupaten Blora . Pada acara sedekah bumi ini ada dua dukuhan yang melakukan pelaksanaan rasa syukur ini Dukuh nglorok dengan Dukuh Dulang,dan untuk dukuh yang lainnya juga sudah melakukan tumpengan terlebih dahulu sesuai dengan kebiasaan yang dulu .

Adapun tujuan sedekah Bumi ini menurut Sugiyo selaku Kepala Desa Bangsri,acara ini adalah merupakan acara yang sudah dilakukan secara turun temurun oleh para pendahulu dan tokoh masyarakat .

Dengan acara rasa syukur ini semoga masyarakat desa Bangsri ini kedepannya bisa mendapatkan keberkahan,terhindar dari pagebluk atau penyakit dan hasil pertanian yang melimpah .

Mugo2 acara iki lancar mas ( Red – semoga acara ini lancar mas ),ucap Sugiyo,karena acara ini sangat penting sekali dan masyarakat juga antusias ucapnya .

Salah satu masyarakat kepada wartawan juga mengatakan diacara sedekah bumi ini selalu mengikuti dengan berbaur diacara tumpengan dan menyediakan serta mengundang sanak saudara juga teman teman untuk datang kerumah mengajak makan makan agar kegiatan ini yang merasakan tidak hanya warga masyarakat Bangsri yang merasakan acara syukuran ini .

Kepala Desa Sugiyo juga mengatakan bahwa acara sedekah Bumi yang sebelumnya biasa malakukan saling lempar melempar makanan tumpengan antar masyarakat sekarang sudah tidak dilakukan lagi dengan tujuan agar makanan ini tidak mubazir atau sia sia ;S Semoga masyarakat setiap tahun selalu mengadakan acara sedekah Bumi ini sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para leluhur atau pendahulu kita untuk selalu mengingatkan kepada kita akan pentingnya rasa bersyukur kita kepada yang Maha Kuasa, ,”ungkasnya.2013