Satgas TMMD Kodim 0906/Kkr Bersama Poktan Tunas Mekar Lakukan Normalisasi Saluran Air Pertanian

INFODESA9 Dilihat
banner 728x90

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–    Dalam upaya mencegah terjadi luapan air di kawasan pertanian, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) bekerja sama dengan Kelompok Tani (Poktan) Tunas Mekar melakukan kegiatan normalisasi saluran air pertanian yang berada di dusun Budi Daya dan Sida Karya Desa Kerta Buana kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar. Selasa (22/10/24)

Normalisasi saluran air sepanjang 300 meter ini merupakan bagian dari program TMMD ke-122 yang bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur irigasi pertanian dimana sungai tersebut berperan penting dalam mengaliri air ke lahan pertanian di poktan Tunas Mekar.

“Namun, karena mengalami sedimentasi dan penyempitan alur akibat rumput dan tumbuhan liar, banyak lahan pertanian yang terdampak karena kurangnya pasokan air di musim kemarau serta akan terjadi potensi banjir dan luapan air dikawasan pertanian warga saat musim hujan tiba,” ucap Babinsa Kerta Buana, Serma Mustofa.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kodim Kutai Barat Bina Putra Putri Perbatasan RI-Malaysia Jadi TNI AD

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari warga dusun Budi Daya dan Sida Karya yang sebagian besar bergantung pada sektor pertanian. Mereka optimis dengan adanya perbaikan saluran irigasi pertanian ini dapat meningkatkan hasil pertanian, sekaligus mengurangi risiko gagal panen akibat kekurangan air atau banjir yang kerap terjadi sebelumnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Bunda Win, Dekranasda Diharapkan Jadi Sentra Mode di Lamsel

“Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan normalisasi saluran air dari program TMMD Kodim 0906/Kkr ini. Kami berharap masalah aliran air yang tersendat selama ini bisa teratasi sehingga lahan pertanian kami akan lebih produktif,” ungkap ketua poktan Tunas Mekar, Nyoman Dediyana. (Mur)*

banner 728x90