Ratusan Umat Hindu di Desa Beringin Kencana Melakukan Puja Wali Rahinan

INFODESA211 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS —  Ratusan Umat Hindu di Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro Kabupaten menggelar Persembayangan Bersama Dalam Rangka Hari Raya Galungan yang dipusatkan Banjar Nusa Sakti Desa setempat, Rabu (24/9/2024)

Dari pantauan infodesanews.com, sejak pagi umat Hindu sudah menyiap kan sesajen di setiap rumah masing masing yang ada di Desa Beringin kencana Dusun VIII , yang nanti di bawa ke Banjar Sri Nusa Sakti karena pada hari ini juga bertepatan dengan perayaan hari suci Galungan.

Menurut pengurus PHDI desa Beringin Kencana Ketut Susanta kegiatan Puja Wali Rahinan Galungan ini merupakan salah satu wujud syukur sebagai umat Hindu terhadap sang pencipta.

“Sebelum acara di laksanakan sembayangan galungan bersama, terlebih dahulu di menampilkan dengan tarian Rejang Renteng yang artinya salah satu jenis tari yang di tarikan secara berkelompok oleh ibu ibu.”ujarnya.

Selanjutnya acara sembahyangan peringatan hari galungan kemenagan darma keagamaan yang di laksanakan Pukul 19:00 wib di Banjar Sri Nusa Sakti Desa Beringin Kencana jatuh pada hari ini Rabu 25/9/2024 yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali.

“Ini merupakan rutinitas umat Hindu melaksanakan upacara yang disebut ‘Ida Betara Turun Kabeh’. Umat yang bersembahyang tidak saja dari Bali tapi juga dari luar Bali.

Lanjut ketut, acara sembayangan tersebut sudah menjadi tradisi umat hindu disetiap acara galungan yang selalu di laksanakan enam bulan sekali di Banjar Sri Nusa Sakti yang terlatak di Dusun VIII Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro kabupaten Lampung Selatan,”katanya.

“Dalam acara sembayangan menyambut galungan di pimpin langsung oleh Jero Mangku Sumanti selaku pinadita Banjar Sri Nusa Sakti Desa Beringin Kencana,” Tutupnya (Bambang)