KPU Toraja Utara Tetapkan Dua Pasangan Calon Bertarung

NASIONAL32 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi menetapkan dua pasangan calon yang akan berlaga atau bertarung dalam pemilihan Bupati Toraja Utara, 27 November 2024, Minggu 22 September 2024.

Pasangan Yohanis Bassang dan Marthen Rantetondok serta Frederic Victor Palimbong dan Andrew Branch Silambi akan segera mengikuti pengundian nomor urut pada, Senin 23 September 2024.

Penetapan kedua pasangan calon tersebut dengan Keputusan KPU Toraja Utara Nomor 789 tahun 2024 tentang penetapan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan yang didampingi oleh komisioner lainnya.

“Kita sudah melakukan pleno tertutup untuk penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati Torut. Berita acara semua sudah ditandatangani oleh komisioner KPU Torut.

“Kami juga telah membacakan surat keputusannya bersama komisioner Furqan Mansyur Barkam, Harsal Lahiya, Randy Tambing dan Semuel, Rinto,” sebutnya usai rapat pleno dan sudah ada di laman web KPU Toraja Utara silahkan di cek dan dibuka.

Jan menambahkan bahwa, hanya ada dua bakal pasangan calon yang mendaftar selama periode pendaftaran yakni Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas-Marthen Rantetondok dan Frederick Victor Palimbong-Andrew Branch Silambi. Kedua bapaslon tersebut telah melalui berbagai tahapan verifikasi sebelum akhirnya ditetapkan.

“Setelah proses perbaikan berkas, tanggapan masyarakat, sehingga tidak ada klarifikasi yang diperlukan,” jelasnya.

Selanjutnya, KPU Toraja Utara akan melanjutkan tahapan pemilihan dengan pengundian nomor urut paslon besok Senin (23/9).

Keputusan ini menandai langkah penting dalam proses pemilihan yang akan datang.

Sekadar diketahui bahwa, selama tiga kali Pilkada langsung di Kabupaten yang berjuluk Bumi Pong Tiku (Toraja Utara, red) yang mekar dari Kabupaten Tana Toraja (Tator) tahun 2008 silam, belum ada petahana yang bertahan atau terpilih kembali, atau belum ada petahanaWakil Bupati yang berhasil mengalahkan petahana Bupati.

Contoh, Kalatiku Paembonan pernah berhadapan dengan Yosia Rinto Kadang pada Pilkada tahun 2020, tapi pemenangnya yakni pendatang baru Yohanis Bassang dan Frederick Viktor Palimbong.

Sekarang, di Pilkada 27 November 2024 akan datang, petahanaBupati Ombas mesti berhadap-hadapan dengan petahana Wakil Bupati Frederick. Keduanya sama-sama maju menjadi calon Bupati. Yang membedakan petahana Fredrick didukung partai koalisi gemuk 10 partai, sedangkan Petahana Ombas hanya didukung dua partai yakni, Golkar dan Perindo.** Yustus