Bupati Nanang Ermanto Resmikan Pembangunan Jalan Kabupaten, Ruas Tigeneneng-Rulung Raya

INFODESA42 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto meresmikan pembangunan Jalan Kabupaten Ruas Tegineneng – Relung Jaya yang dipusatkan di Desa Mandah, Kecamatan Natar, Jumat (20/9/2024).

Dalam acara peresmian itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto sekaligus meluncurkan Program Jalan Kabupaten Tanpa Lubang 2025-2030. Ini merupakan salah satu langkah yang digagas oleh Pemkab Lampung Selatan dalam mendukung percepatan peningkatan infrastruktur di daerah.

Peresmian jalan dan peluncuran program jalan kabupaten tanpa lubang ditandai dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan pemecahan kendi oleh Bupati Lampung Selatan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Lampung Selatan, Hasannudin melaporkan, pengerjaan jalan ruas Tegineneng – Relung Jaya dimulai sejak tanggal 30 Mei 2024 dengan nilai kontrak Rp5,8 miliar.

Jalan dengan panjang ±3,5 kilometer tersebut dibangun dengan dua metode pengerjaan. Pertama dengan rabat beton kemudian dilanjutkan dengan hotmix.

“Peningkatan infrastruktur ini merupakan bukti komitmen kuat dari Pemkab Lampung Selatan untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Hasannudin.

Lebih lanjut Hasannudin menyampaikan, Program Jalan Kabupaten Tanpa Lubang 2025-2030 akan didukung dengan fasilitas pemeliharaan operasional mobil Lampung Selatan.

“Dengan mobil ini kita akan memeriksa jalan-jalan di Kabupaten Lampung Selatan. Kita lakukan pemeliharaan, sehingga jalan bisa lebih terawat,” ujar Hasannudin.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menyatakan tekadnya dalam melaksanakan percepatan peningkatan infrastruktur di kabupaten yang ia pimpin.

“Kita terus berkreativitas dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Disisi lain kita ada keterbatasan anggaran, sedangkan Lampung Selatan luasnya luar biasa,” kata Nanang.

Selain melakukan peningkatan infrastruktur, Nanang juga menyampaikan, gagal juga melakukan penanganan kemiskinan ekstrem dan peningkatan SDM melalui program Swasembada Rumahku.

Seperti diketahui, sepanjang perjalanan kepemimpin Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan, sebanyak 4.530 rumah hingga tahun 2023 telah dibedah dan menjadi rumah layak huni.

Kemudian, pada sektor kesehatan, Kabupaten Lampung Selatan juga mendapatkan posisi terbaik dalam pengentasan stunting. Bahkan mendapat penghargaan dan menjadi kabupaten percontohan.

“Ini menunjukkan komitmen nyata untuk memberikan keadilan dan kesejahteraan kepada masyarakat, meningkatkan inovasi, dan percepatan inovasi di segala sektor,” ujar Nanang. (Rls)