TP Saluampak CUSS Akan Gelar Edukasi Dasar Bulan Juli 2024, Wajib Diikuti Anggota dan Calon Anggota

NASIONAL142 Dilihat
banner 728x90

SULSEL, INFODESANEWS – Sebagai pengenalan singkat, Credit Union (CU) merupakan salah satu jenis Koperasi (Credit Union) di dunia yang dikenal luas mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui layanan keuangan, seperti tabungan, pinjaman, transfer, asuransi mikro, dan produk keuangan lainnya sertanpemberdayaan ekonomi anggotanya.

Awalnya, Credit Union (CU) berkembang di Jerman sebagai salah satu solusi mengatasi kemiskinan dengan mengandalkan prinsip-prinsip pemberdayaan.

Selanjutnya, CU terus berkembang di Eropa, Amerika dan Asia hingga jumlahnya saat ini mencapai ratusan ribu CU di seluruh dunia.

” Dalam konteks Indonesia, CU merupakan koperasi Indonesia yang mampu beroperasi secara mandiri dan tak ada bantuan dari pemerintah dan swasta lainnya serta terus berkembang di tengah banyaknya fenomena koperasi bermasalah dan pembubaran koperasi di Indonesia,” sebut Pande Yustus pada media ini, Kamis 11 Juli 2024.

Dan melalui aktivitas layanan keuangan dan pemberdayaannya, CU Sauan Sibarrung (CUSS) yang kantor pusatnya berkedudukan di Kabupaten Tana Toraja, Kecamatan Makale Utara di Mandetek dikenal mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemerataan ekonomi. CUSS memiliki perkembangan yang dinamis dan sementara punya Kantor Tempat Pelayanan (TP) yang berjumlah 14 TP yakni, di Luwu Raya ada TP Padang Sappa, Palopo, Saluampak, Bone-Bone dan TP CUSS Rante Tiku, ada di TP Pare-Pare dan di Toraja TP Mengkendek, Makale, Sangalla, Rembon, Rantetayo, Sanggalangi, Rantepao dan TP Deri. Semuanya berada di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Wujudkan SDM Unggul, Kapolri : Berjuang Buruh dan Tingkatkan Kesejahteraan

“Serta manfaat ber-CU “Bukan Hanya Semata Financial”. Banyak orang berpandangan bahwa, manfaat bergabung dengan Credit Union berupa manfaat financial, dimana kita bisa memperoleh akses layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan menguntungkan,” sebutnya.

Dalam konteks tabungan, banyak CU yang memberikan tingkat bunga relatif lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan konvensional.

” Hal ini tentu menguntungkan bagi masyarakat yang tidak terlalu berani mengambil resiko keuangan, namun memiliki dana lebih. Sementara itu, jika bukan bunga yang tinggi, CU menawarkan tingkat bunga pinjaman yang lebih rendah serta prosedur pinjaman yang lebih mudah dibandingkan lembaga keuangan konvensional. Hal ini tentunya sangat menarik bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan usahanya, baik kebutuhan untuk mendanai usaha maupun kebutuhan konsumtif keluarganya,” tambahnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Komisi III DPRD Lamsel Cek Fisik Pembangunan PRJ di Kecamatan Rajabasa

Selain itu, berbeda dengan lembaga keuangan umum, laba dari credit union akan dibagikan kepada anggota sesuai dengan partisipasi anggota. Laba ini bisa dibagikan dalam bentuk sisa hasil usaha, ataupun bisa dibagikan dalam bentuk lainnya. Misalnya pelayanan atau produk yang lebih beragam, bunga simpanan yang lebih tinggi.

Selain itu, menjadi sangayoka atau aktivis serta pande berarti juga memiliki akses yang lebih dekat dengan pengambilan keputusan organisasi. Hal ini karena aktivis atau sangayoka banyak dilibatkan dalam forum-forum pertemuan dan kegiatan pengambilan keputusan bersama pengelola Credit Union.

Kiranya informasi mengenai sejumlah manfaat tersebut menjadi sarana bagi kita ataupun orang-orang yang ada di sekitar kita dalam membuat pilihan rasional untuk terlibat dalam credit union, baik sebagai anggota maupun sebagai sangayoka/aktivis.

Semoga sekilas CU ini semakin menyadarkan kita bahwa, bergabung dengan CU menjanjikan manfaat yang tak hanya finansial semata dan untuk edukasi dasar akan dilaksanakan lagi diteritori Pangalli Desa Dandang pada Kamis 18 – Jumat 19 Juli 2024.** Yustus

banner 728x90