Dandim Kukar Sebut Tradisi Beseprah Memiliki Pesan Moral Yang Penting

INFODESA426 Dilihat

KUTAI KARTANEGARA, INFODESANEWS Memasuki hari ke-3 perayaan acara adat Erau Adat Pelas Benua di kabupaten Kutai Kartanegara, Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Inf. Jeffry Satria bersama Forkopimda Kukar hadiri acara Beseprah yang diadakan di sepanjang jalan Diponegoro Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Selasa 26/9/23.

Acara Beseprah ini merupakan rangkaian kegiatan dari acara adat Erau yang berisikan tradisi jamuan dimana Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura membaur dan merasakan apa yang di rasakan oleh rakyatnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
250 Batang Kayu Jati Yang Di Duga Hasil Curian, Diamankan Polres Blora Bersama Perhutani

Bupati Kukar Drs. Edy Damansyah dalam sambutannya mengatakan, Beseprah merupakan tradisi penyajian beraneka ragam makanan yang di sajikan untuk di santap oleh Sultan Ing Martadipura bersama warga masyarakat, Beseprah ini merupakan tradisi yang harus selalu dilestarikan, tuturnya.

Dimulainya acara ditandai dengan penyampaian titah dan pemukulan alat kentongan oleh pihak kesultanan Ing Matadipura diikuti oleh seluruh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Dandim, Letkol Inf. Jeffry Satria saat mengikuti acara menyebutkan, “Beseprah mempunyai arti duduk sama rendah berdiri sama tinggi sehingga dapat di maknai sebagai sarana untuk menjalin rasa persaudaraan dan mempererat hubungan antar sesama, tradisi ini memiliki pesan moral bahwa seorang pemimpin haruslah dekat dan membaur bersama rakyat”.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Ditpolairud Polda Banten Perketat Penjagaan di Pelabuhan Merak

Turut hadir dalam acara Beseprah tersebut Sultan Ing Martadipura, H. Muhammad Arifin, Bupati Kukar, Edy Damansyah, Ketua DPRD Kukar, Rasyid SE, Sekda Kukar, H. Sunggono, Dandim 0906/Kkr, Letkol Inf. Jeffry Satria, Kapolres Kukar, AKBP Hari Rosena, Kepala Pengadilan Negeri Kukar, Abdul Mahrus SH, para Opd, Asisten Setkab Kukar serta pimpinan perusahan dan perbankan Kukar.(mur)