Erau Adat Pelas Benua, Dandim Kukar Berkesempatan Mencoba Olah Raga Tradisional

INFODESA371 Dilihat

KUTAI KARTANEGARA, INFODESANEWS – Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Inf. Jeffry Satria menghadiri pembukaan lomba permainan rakyat dan olah raga tradisional di halaman parkir pulau Kumala yang berada di jalan KH. Ahmad Muksin Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Perlombaan permainan rakyat dan olah raga tradisional yang berlangsung pada, senin (25/9/2023) diadakan dalam rangka  untuk memeriahkan acara Erau Adat Pelas Benua kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2023 diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam sambutannya Bupati Kukar, Drs. Edi Damansyah menyampaikan apresiasinya kepada generasi muda khususnya para penggiat olah raga tradisional yang masih menjaga tradisi di tanah Kutai Kabupaten Kutai Kartanegara dimana permainan tradisional ini tetap lestari hingga saat ini.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Melalui Zoom Meeting Ketua DPRD Bersama Bupati Dan Pejabat Utama Polres Lamsel Ikuti Upacara HUT Bhayangkara Ke-75

Hal ini mampu kita pertahankan bahkan kita tetapkan di Kutai Kartanegara sebagai cabang olahraga dan juga sudah masuk di dalam olahraga rekreasi dan dilombakan, ujar Bupati.

“Harapan saya lomba ini bisa dilaksanakan dengan baik, selain kita berolahraga juga bertujuan untuk mempertahankan tradisi tetapi juga bisa memberikan tontonan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat”.

“Kita ingin Erau ini tidak hanya fokus kegiatan ritual-ritual yang memang dilaksanakan oleh kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura tetapi ada beberapa kegiatan pelestarian budaya seperti olahraga tradisional ini”, pungkas Bupati.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Berikut Data Lengkap Jumlah Korban Keracunan Makanan Di Lampung Selatan

Pada kesempatan tersebut, Letkol Inf. Jeffry Satria bersama Forkopimda Kukar berkesempatan untuk mencoba beberapa permainan tradisional yang akan dilombakan pada acara Erau Adat Pelas Benua diantaranya menyumpit dan begasing.

Turut hadir dalam kegiatan lomba olah raga tradisional tersebut Bupati Kukar, Drs. Edy Damansyah, Dandim 0906/Kkr, Letkol Inf. Jeffry Satria, Kadispora Kukar, H. Ali Husni, Sekertaris Dispora Drs. Ramadhan  dan wakil ketua Pengadilan Negeri Tenggarong, Ben Ronald P. Situmorang. (Mur)*