Ketua MPC Pemuda Pancasila Lamsel Buka Lomba Layang-layang Hias

NASIONAL266 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESNEWS — Jika biasanya lomba layangan digelar pada siang hari, namun berbeda dengan lomba layangan yang diadakan di Dusun 2A Desa Fajarbaru Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan. Lomba layang-layang ini justru digelar pada malam hari.

Lomba layangan pada malam hari yang berhiaskan lampu tersebut digelar oleh Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung Selatan,

Kegiatan yang melibatkan 30 kontesatan dari berbagai Desa wilayah Kecamatan Jatiagung itu memperebutkan hadiah hiburan dan Door Prizes satu ekor Kambing yang dibuka langsung oleh ketua MPC Pemuda Pancasila Lampung Selatan M Akyas, Sabtu (23/9/2023)

Ketua MPC Pemuda Pancasila Lampung Selatan, M Akyas mengatakan lomba layang-Layang ini bertujuan mengenalkan permainan lokal yang pernah berjaya pada masanya kepada anak-anak zaman sekarang.

“Sehingga nilai-nilai kearifan lokal yang memang masih tertanam di tengah masyarakat tidak mudah luntur dengan kecanggihan era digitalisasi,”kata Akyas yang juga anggota komisi I DPRD Lampung Selatan itu.

Sementara itu Ketau panitia pelaksana Lomba Daryono mengatakan “Lomba Layang-layang ini digelar untuk mempererat hubungan silaturahmi antar pemuda, selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM yang ada di wilayah khusus Dusun 2A,”terangnya.

Untuk itu lanjut Daryono para peserta layangan hias diwajibkan mengikuti lomba dengan mematuhi sejumlah aturan dari panitia.

“Karena di desa kami banyak pecinta layang-layang, maka panitia sengaja mengadakan lomba seperti ini, kami juga membuka pendaftaran untuk umum,”kata dia.

Dikatakan jenis layangan yang dilombakan adalah layang-layang bebas, No Papiran, wajib Sendaren dengan aksesoris lampu sebagai hiasannya.

“Setiap peserta diwajibkan menaati peraturan panitia, seperti ukuran panjang benang, jumlah lampu hiasnya dan ukuran layangan. Untuk panjang benangnya kami batasi 100 meter, serta untuk lampunya kami juga batasi,” katanya. (Red)