Bak Pengantin Kades Sidorejo Bersama Istri Kenakan Pakaian Adat Jawa Di Iring Abdi Dalem

INFODESA124 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESNEWS — Secara resmi Bupati Lampung Selatan, H Nanang Ermanto membuka pentas seni budaya dalam rangka Sidomulyo Fair 2023 yang dipusatkan di lapangan Desa Sidorejo Kecamatan setempat, Sabtu (23/9/2023)

Sidomulyo Fair 2023 dan pentas seni budaya itu dimeriahkan dengan karnaval budaya yang ikut oleh 16 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintahan Desa Sidorejo juga ikut andil dalam pelaksanaan karnaval. Kepala Desa Sidorejo bersama istri mengenakan baju adat Jawa yang diarak oleh perangkat desa dan masyarakat.

Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo sekaligus Ketua panitia pelaksana Sidomulyo Fair 2023 Sutiyono mengatakan karnaval ini dalam rangka pembukaan Sidomulyo Fair 2023.

“Ya, seperti yang sampeyan lihat karnaval ini diikuti 16 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Selain itu juga diikuti UPT Pendidikan,Kesehatan, Pertanian dan UPT-UPT yang ada di Kecamatan Sidomulyo dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Mas To sapaan akrabnya itu.

Dirinya menambahkan, dengan dilaksanakannya karnaval ini bertujuan guna meningkatkan kerukunan antar warga masyarakat yang berbhinika.

“Melalui karnaval ini kami juga mengangkat potensi lokal, serta pengembangan karakter budaya dan seni berbasis kearifan lokal yang ada di masing-masing Desa.”kata dia.

Sidomulyo Fair ini juga terdapat 16 stand UMKM desa, 5 Sekolah Menengah Atas (SMA) , 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Dasar serta instansi pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Samsat.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM di masing-masing Desa dan komitmen bersama dalam memajukan perekonomian,”terangnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya pameran UMKM dikecamatan Sidomulyo ini.

Nanang mengatakan, Kecamatan Sidomulyo merupakan salah satu daerah yang sangat luar biasa, memiliki wisata kuliner yang luar biasa.

“Bentuk kebersamaan dan gotong royong itulah yang akan meningkatkan kekuatan kita untuk membangun suatu desa. Itu (persatuan dan kesatuan) modal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa itu, negara ini tidak akan terbentuk,” kata Nanang dalam sambutannya.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kegiatan Sidomulyo Fair juga diharapkan menjadi ajang promosi produk unggulan dari seluruh pelaku UMKM dan IKM di Kecamatan Sidomulyo.

Untuk itu, Nanang berharap, UMKM yang ada di Kecamatan Sidomulyo dapat terus bergerak, agar terjadi perputaran ekonomi, sehingga dapat membantu menyejahterakan masyarakat.”imbuhnya.

Diketahui dalam acara itu juga hadir Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan dan anggota DPRD, Malik Ibrahim dan Sutaji Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Sekretaris Daerah beserta para pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopicam Sidomulyo.

Hadir juga para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan BUMN-BUMD, para pelaku UMKM, serta para kepala desa se-Kecamatan Sidomulyo.  (Red)