Memperkaya Pengalaman Dengan Magang

KHAZANAH, PENDIDIKAN168 Dilihat

SOLO- INFODESANEWS.COM, Magang, siapa takut?. Dalam rangka melaksanakan program MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA, salah satu programnya adalah Wirausaha Merdeka atau WMK. Salah satu tujuan WMK adalah mencetak wirausaha muda yang tangguh dan sukses. Dalam program WMK para mahasiswa akan banyak dibekali ilmu tentang wirausaha. Salah satunya adalah magang. Kelompok magang WMK 9 merupakan mahasiswa dari Universitas Dharma AUB Surakarta. Kelompok ini terdiri dari lima mahasiswi yang tertarik bisnis tentang budidaya ikan hias Guppy. Oleh sebab itu maka mereka memilih magang pada Yusuf Guppy farm.

Taget magang kelompok mahasiswa tersebut adalah mendapatkan ;

1. Pengalaman jatuh bangun dalam usaha, yang pada dasarnya dalam bisnis jatuh bangun merupakan hal yang biasa sehingga jika mereka mengalami suatu persoalan atau mereka mengalami jatuh maka mereka tidak akan putus asa untuk bangkit lagi.

2.  Bagaimana mengelola karyawan dalam perusahaan dimana mereka magang. Usaha yang semakin maju akan diikuti dengan adanya karyawan atau tenaga kerja yang dibutuhkan dalam bisnis. Dalam kesempatan magang ini para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mengelola para karyawan atau pegawai yang berada di tempat magang.

3. Selain itu mereka juga akan melihat  langsung dan belajar mempraktekkan proses dan memelihara serta membudidayakan ikan guppy. Hal ini merupakan hal yang paling penting dalam masa magang tersebut. Sebab sesuai dengan pilihan mereka untuk usaha dalam budidaya ikan guppy, mereka selanjutnya dapat membudidayakan ikan guppy dan menjadi usaha yang dapat diandalkan.

4. Dalam hal pemasaran akan juga diserap misalkan bagaimana strategi pemasarannya dengan media apa saja. Selain para mahasiswa WMK dapat melihat bagaimana pemasaran produk di tempat magang, mereka juga dapat mempraktekkan teori yang sudah mereka dapat dalam kuliah di program WMK ini. Sehingga pada saatnya mereka dapat meaplikasikan model pemasaran apa yang cocok dan yang akan mereka pilih dalam memasarkan produknya.

5. Mutu dan pelayanan juga harus di pelajari pada saat magang di UMKM tempat magang tersebut. Dalam bisnis mutu produk dan pelayanan sangat penting dalam kelangsungan suatu bisnis. Dengan magang di perusahaan atau UMKM, para mahasiswa WMK akan dapat melihat bagaimana para pengusaha tersebut dalam menjaga mutu produknya. Selain itu pada masa sekarang pelayanan sangat dibutuhkan dalam mengdapai pelanggan dan konsumen.

6. Pada saat magang juga diharapkan para mahasiswa akan dapat melihat peluang bisnis yang dilakukan. Cara pengembangan ide bisnis juga menjadi target para mahasiswa program WMK dalam melakukan magang. 

Dalam waktu kurang lebih dua bulan di harapkan mahasiswa magang akan mampu membuat prototype produk dan terget terakhir dari program magang adalah membuat proposal bisnis.

Rencana magang selama dua bulan juga akan ada kunjungan dari Dosen Pembimbing Lapangan. Dalam penyerahan mahasiswa magang di serahkan oleh DPL yaitu Ambar Wariati ,SH.,MM.,MH dan diterima oleh owner dari Yusuf Guppy Farm yaitu Bp. Yusuf Lukito  Agus Wnarno, S.Pd. Adapun alamatnya di Jl. Jatikuwung, Dadapan, jatikuwung, Kec. Gondangrejo, kabupaten karangaanyar.

Aktivitas dari magang meliputi kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang target tersebut diatas antara lain meliputi melakukan proses pemasaran, melakukan kegiatan budidaya ikan guppy , mengetahui jenis kelamin ikan, mengganti air, memasang filter, pengemasan ikan jika akan di jual dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti magang maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang nyata bagaimana sesungguhnya dalam dunia usaha , permasalahan dan bagaimana penyelesaian masalah jika terjadi di lapangan. Dapat menyesuaikan antara teori dan praktek dalam dunia usaha. Suatu sesi yang sangat menarik dalam program WMK, “Magang , Siapa Takut” karena berbagai pengalaman dalam dunia bisnis akan didapat dalam magang di UMKM. (anto/redslo)