Mahasiswa WMK UMS 2023 dari Politeknik Indonusa Surakarta Siap Berkolaborasi Kembangkan Bisnis Parfum di Era Digital 

KHAZANAH, PENDIDIKAN110 Dilihat

SOLO-INFODESANEWS.COM, Mahasiswa Politeknik Indonusa Program Studi D3 Sistem Informasi yang merupakan peserta Wirausaha Merdeka UMS tahun 2023 telah melakukan kegiatan penyerahan kepada mitra magang yaitu “Berkah Solo Web” yang beralamat di Pongan RT 04/ RW 05 Pondok, Grogol, Sukoharjo pada Senin, 04 September 2023.

Berkah Solo Web di pimpin oleh Aditya Wahyu Wijanarko yang merupakan alumni dari mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. Berkah Solo Web sendiri bergerak pada bidang jasa seperti pembuatan Web Profile, E-Commerce, Google Ads, dll.

Mahasiswa  yang tergabung dalam kelompok WMKUMS54 ini terdiri dari Mutia Nur Afifah, Ariffah Puput Hanafi, Ciptaning Banyu Arga, Riszki Saputra dan Faizal Dwi Al Farizi. Acara tersebut dihadiri Norma Puspitasari, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan magang ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Wirausaha Merdeka yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan ketrampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang kompetitif. Melalui kegiatan magang ini juga dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan ketrampilan wirausaha, leadership, serta pemahaman mendalam tentang dunia industri.

Kegiatan magang ini mengajarkan mahasiswa untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam menangkap pasar usaha yang akan dibangun. Menciptakan usaha baru pastinya tidak akan mudah, jatuh bangun dari pemilik usaha merupakan salah ilmu yang perlu diketahui oleh mahasiswa WMK.

Pengembangan ke arah digital sangat berperan dan usaha membuat UMKM naik kelas, sehingga sentuhan teknologi dari mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Politeknik Indonusa Surakarta sangat berguna dan bermanfaat.

Pada acara peyerahan ini mahasiswa juga mendapatkan arahan dari Norma Puspitasari, M.Pd, selaku dosen pembimbing lapangan dan juga diberikan pengenalan mengenai tugas dan tanggung jawab mahasiswa selama kegiatan magang ini berlangsung. Beliau juga memberikan semangat kepada mahasiswa untuk berkomitmen dan memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Acara penyerahan ini merupakan langkah awal dan akan diikuti oleh periode magang yang intensif. Universitas Muhammadiyah Surakarta berharap bahwa mahasiswa akan mengambil manfaat maksimal dari pengalaman ini dan tumbuh menjadi wirausaha yang berpotensi tinggi. UMS terpilih kembali menjadi perguruan tinggi pelaksana Wirausaha Merdeka (WMK), setelah tahun kemarin UMS terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana WMK.

WMK angkatan kedua ini diikuti oleh 400 peserta dari Perguruan Tinggi Se Solo Raya, terpilihnya peserta  menjadi menjadi bagian dari WMK UMS ini diumumkan pada saat acara Grand Opening Wirausaha Merdeka pada tanggal 5 Mei 2023. WMK UMS ini telah menutup pendaftarannya pada 24 Juli 2023.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut didampingi oleh mentor, pemateri, dosen pembimbing lapangan, dan mentor dari para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). (anto/redslo)