Hadiri Rapat, Babinsa Loa Janan Ulu Sebut Program BKKD Akan Dikelola Langsung

INFODESA118 Dilihat

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–     Babinsa Loa Janan Ulu Koramil 0906-03/Loa Janan, Pelda Sugi menghadiri rapat terkait perubahan mekanisme pengelolaan program Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) berbasis rukun tetangga (RT) yang diselenggarakan oleh pemerintah desa Loa Janan Ulu kecamatan Loa Janan. Selasa (12/9/2023)

Rapat yang diadakan di BPU desa Loa Janan Ulu digelar dalam rangka membahas system pengelolaan dana BKKD yang mana sebelumnya dikelola oleh pihak kecamatan  dirubah mekanismenya menjadi dikelola langsung oleh rukun tetangga (RT).

Pelda Sugi menuturkan bahwa dilakukannya perubahan mekanisme dana BKKD berbasis RT di wilayahnya bertujuan untuk memastikan pemerataan bantuan dan pemberdayaan di tingkat kelurahan atau desa dapat bermanfaat bagi warga setempat khususnya dilingkungan RT.

Petunjuk dan tekhnisnya lebih mirip dengan pengelolaan dana di desa, setiap RT akan menjadi pemegang dana langsung, dan mereka akan bertanggung jawab atas penggunaannya, ungkap Babinsa.

Saat ditemui usai rapat, Kades Loa Janan Ulu, Supariyo juga menegaskan, “Dana BKKD ini nantinya akan ditransfer oleh kades ke masing-masing ketua RT”.

Melalui dana tersebut diharapkan setiap RT dapat mengalokasikan penggunaannya untuk kegiatan kemasyarakatan dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan, tegas Supariyo. (Mur)*