KKN IKMB IAIN Kudus Hadir, Tingkatkan Moderasi Beragama Di Tengah -Tengah Masyarakat Kejawen Di Desa Kembang Blora

NASIONAL140 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Mahasiswa IAIN Kudus, lakukan kegiatan tingkat akhir dengan melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Lapangan). Pada tahun ini lokasinya lebih terpusat di Kabupaten Blora yang tersebar di beberapa daerah. Pada program KKN ini diikuti seluruh Fakultas, khususnya mahasiswa semester 7. Dengan salah program unggulannya yakni moderasi beragama.

Dok. Mahasiswa IAIN Kudus melakukan sosialisasi di Desa Kembang, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Kamis, 31/08/23.

Tak terkecuali di desa Kembang, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora juga tak luput jadi salah satu lokasi KKN. Pada kali ini mahasiswa IAIN Kudus mensosialisasikan tentang konsep moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat kejawen. Yang dilaksasnkan sosialisasinya di balai desa Kembang, Todanan, Blora pada hari Kamis, 31 Agustus 2023.

“Bahwa disini itu ada beberapa kepercayaan, tidak hanya Islam saja akan tetapi juga ada salah satu kepercayaan yakni kepercayaan kejawen” ujar Bapak Nardi selaku Kepala Desa Kembang.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Polda Jatim Menerima Bantuan Mobil Ambulance 14 unit dari Mabes Polri

“Kejawen disini sangat kental sekali apalagi kepercayaan ini udah turun temurun sejak dulu” tambahnya.

“Sosialisasi moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat yang menganut aliran kepercayaan kejawen memanglah sangat penting, dikarenakan berbicara tentang aliran kejawen amatlah jauh dari perkembangan keagamaan yang notabenenya dekat dengan pusat kota. Maka tak heran pemerataan tentang syiar agama tidak begitu maksimal sampai ke daerah pedalaman seperti halnya di desa Kembang kecamatan Todanan Kabupaten Blora” ungkap Hasan Hasbulloh selaku Kordes (Koordinator Desa) Kembang.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kemendikbud Perpanjang Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru

“Dari hal inilah, sosialisasi dalam bentuk seminar moderasi agama dalam membangun kesetaraan beragama yang di lakukan mahasiswa KKN di desa Kembang kecamatan Todanan Kabupaten Blora harus dilakukan” sambungnya.

“Harapan saya mahasiswa KKN IAIN Kudus dapat berkolaborasi dan bekerja sama untuk mewujudkan program unggulan KKN IKMB 2023 IAIN Kudus” sahut Bu Ulya selalu dosen Pembimbing lapangan (DPL).***Team KKN IAIN Kudus/Red.