Peduli Hutan, Polres Kudus Gelar Tanam Pohon

INFODESA94 Dilihat

KUDUS, INFODESANEWS – Puluhan petugas gabungan dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, Pemkab Kudus, Bhayangkari Cabang Kudus, perangkat Desa Terban, perwakilan Djarum Foundation, Pramuka dan Mahasiswa mendatangi pegunungan Patiayam yang berada di Dukuh Ngrangit Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Kedatangan petugas gabungan tersebut untuk melakukan penanaman pohon yang digelar serentak dipimpin langsung oleh Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto.

Dengan mengenakan ikat kepala Merah Putih, sejumlah peserta nampak semangat menanam bibit pohon di beberapa titik di lokasi Pegunungan Patiayam pada Rabu, (23/8/2023).

“Masih dengan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini kami menggelar penanaman pohon dikawasan pegunungan Patiayam agar lebih asri, lebih rindang dan dapat menjaga kestabilan ekologi khususnya di Kabupaten Kudus.” jelas AKBP Dydit Dwi Susanto dihadapan awak media.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini` tersebut dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja Polres Kudus dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Demikian pula dengan lokasi dan jenis tanaman menyesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing wilayah.“ Hal ini untuk melestarikan lingkungan, mencegah banjir dan tanah longsor serta menciptakan Kabupaten Kudus yang lebih hijau dan membawa manfaat yang lebih besar bagi generasi mendatang,” ungkapnya.

Untuk yang di Pegunungan Patiayam, ditanami pohon jenis Alpukat, Jeruk, Petai, Nangka dan Pule.“ Mengingat disini sudah banyak tanaman keras, bibit yang kita tanam adalah tanaman buah seperti Alpukat, Jeruk, Petai dan Nangka,” imbuhnya.

Harapannya, Wakapolres Kudus selain lebih indah dan sejuk, kedepan bisa membawa manfaat pada sektor ekonomi dan wisata Pegunungan Patiayam itu sendiri.

Pihaknya juga meminta agar kegiatan penghijauan tidak berhenti sampai disini saja.” Bibit pohon yang telah ditanam harus dirawat dengan baik agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Tanpa itu semua, penghijauan yang telah dilakukan hanya akan berakhir sia-sia.” semua ini bagian dari upaya kita bersama untuk melestarikan lingkungan pemanasan global, melawan polusi udara, semoga usaha kecil ini, menjadi upaya dari usaha besar,” tutup Wakapolres Kudus.(red)