Uang Sudah Diambil, Kades Langse : Malah Tidak Tahu, PCX Belum Terbeli

INFODESA59 Dilihat

PATI – Sebagaimana diketahui ratusan Kades di Kabupaten Pati yang tergabung dalam Paguyuban Perangkat Desa Dan Kepala Desa Kabupaten Pati (Pasopati) pada Kamis (24/02/2022) mendatangi gedung DPRD. Salah satu aspirasinya meminta motor baru lantaran fasilitas kendaraan bermotor di desa sudah berumur puluhan tahun (sudah 10 tahun) tak ganti kendaraan, perlu peremajaan.

Bupati Pati Haryanto saat itu menyetujui usulan motor baru untuk Kades, dialokasikan pengadaan untuk pembelian sepeda motor dinas ini direalisasikan pada 2023.

Diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Pati pada acara sosialisasi bantuan keuangan untuk pembangunan Sarpas Pedesaan di Pendopo Kabupaten Pati pada Senin (27/02/2023),

Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pati sudah sepakat menganggarkan kepada 401 desa dan lima kelurahan 32 juta, dijadikan sepeda motor pengganti sepeda motor kades yang sudah rusak.

Dana bersumber dari APBD tahun 2023 dan telah diberikan kepada kepala desa oleh pemerintah daerah ini bersamaan dengan dana ADD.

Namun fakta di lapangan, kendaraan (motor) dinas Kades dengan jenis Honda PCX tersebut tidak pernah terlihat dipakai oleh Kades ataupun tampak terparkir di halaman balai desa Langse.

Hal ini menjadi bahan pertanyaan di masyarakat desa setempat, hingga memunculkan berbagai asumsi negatif akan keberadaan dana tersebut.

Berdasar informasi yang diterima awak media dan di lakukan investigasi di lapangan, memang benar kendaraan (motor) dinas dimaksud tidak tampak keberadaannya baik di rumah kepala desa sebagai pemakai maupun tampak terparkir dihalaman balai desa setempat.

Kepala desa Langse Amrudin saat dikonfirmasi oleh awak media di kediamannya pada Senin (14/08/2023) sore menjawab, ” Saya bingung untuk menjawabnya pak.

Karena apa, karena sudah berulang kali menanyakan mendorong agar dana yang sudah ada segera untuk di belikan Honda PCX sebagai alat operasional Kades di desa.

Akan tetapi hingga saat ini belum juga bisa dibeli kenapa alasannya, saya juga bingung, tidak tahu, ” ucap Amrudin saat diwawancarai awak media.

Sekretaris desa Langse Rasno saat dikonfirmasi via sambungan WhatsApps justru malah bertanya, ” Lha bagaimana jawaban Pak Kades,? Coba tanya Pak Kades, ” imbuh Rasno.

Sementara Kaur Keuangan desa Langse Harjito ketika dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApps pada Senin sore mengatakan, ” Dana untuk pembelian motor dinas Kades Honda PCX dipergunakan untuk menutup kegiatan kelembagaan Desa

Yang lainnya karena dana dari PAD tidak mencukupi.“ agustus nanti setelah lelang akan segera di belikan sepeda motor dinas Kades Honda PCX, ” cetus Harjito.(red)