Pawai Kirab Ke -1, Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati

INFODESA167 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Dalam rangka Haul Ki Ageng Penjawi tahun 2023, dilaksanakan Pawai Kirab Ke – 1 Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati yang berlangsung meriah.

Kirab dimulai pukul 13.30 WIB dari Makom Ki Ageng Penjawi yang berada di kampung Kaborongan RT 10 RW 01 kelurahan Pati Lor Kabupaten Pati menuju Pendopo Kabupaten Pati, Minggu (23/07/2023).

Bupati Pati Henggar Budi Anggoro didampingi Waka Polresta Pati, Kasdim 0718/Pati serta jajaran Forkopimda menyambut kedatangan rombongan kirab untuk menerima penyerahan Prasasti Ki Ageng Penjawi di Pendopo Kabupaten Pati.

Dalam kirab ini juga dimeriahkan arak – arakan gunungan hasil bumi, rombongan kereta kuda, marching band ABABIL Perguruan Islam Bustanul Ulum Pagerharjo, dan berbagai gelaran seni budaya lainnya.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam sambutannya mengatakan, ” Pada hari ini kita dapat dipertemukan dalam Haul pertama Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati.

“Apresiasi atas kerja keras panitia dan semua pihak yang telah menginisiasi dan mempersiapkan kegiatan kirab budaya yang pertama kalinya Napak Tilas Ki Ageng Penjawi.

“Mudah – mudahan dengan kegiatan semacam ini generasi muda lebih menghargai perjuangan para tokoh pejuang dan para pahlawan, serta senantiasa mengisi perjuangan dengan upaya – upaya positif guna membawa kesejahteraan, ” harap Henggar.

Dengan mengenal sejarah bangsa, terang Henggar, Generasi penerus akan semakin memahami arti pentingnya perjuangan para pendahulu. Wajib bagi kita untuk memperingati hari bersejarah dari para pahlawan tokoh pejuang hingga menghormati tempat – tempat yang memiliki arti penting bagi perjuangan pahlawan dan tokoh pejuang serta pendahulu kita.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Danrem Aji Surya Natakesuma Bersepeda Santai dan Olahraga Bersama Prajurit Dan PNS

“Perjuangan Ki Ageng Penjawi bersama para pendereknya (pengikutnya) diberbagai daerah ditanah Jawa khususnya di Pati adalah salah satu perjuangan yang menyebar luaskan agama Islam yang Rahmatan lil’alamin, ” jelasnya.

Disebutkannya, salah satu cara kita untuk mengenang tempat bersejarah, momentum bersejarah serta mengenang tokoh sejarah yang harus kita ingat dan kita hargai sebagai penerus bangsa, kegiatan napak tilas dan Haul Ki Ageng Penjawi ini harus kita jaga dan rawat sebagai upaya melestarikan, sebagai edukasi yang akan terus kita berikan kepada generasi – generasi selanjutnya agar anak cucu di masa yang akan datang tidak lupa akan sejarah daerah dan bangsa kita sendiri.

Saya berpesan kepada generasi muda,” Sejarah adalah masa lalu yang tidak akan terulang, tetapi dengan sejarah kita dapat belajar banyak mengenai nilai – nilai perjuangan dari para pahlawan dan penerus kita serta memahami apa esensi dan apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan

“Kita boleh mengenal budaya bangsa lain tapi jangan sekali – kali lupa jati diri bangsa kita sendiri. Membekali generasi muda dengan nilai – nilai luhur budaya bangsa, meneladani nilai perjuangan oleh para pendahulu, Ki Ageng Penjawi yang mudah dikenal, dikenang namanya hingga saat ini sebagai tokoh pejuang Kabupaten Pati yang adil dan bijaksana, ” tegasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Bupati Curhat ke Presiden Jokowi, Terkait Banyaknya Jalan Rusak di Blora

“Dengan pawai kirab Ke – 1 Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati ini adalah cara menguri – uri perjuangan Ki Ageng Penjawi hingga dapat dilanjutkan oleh generasi penerusnya.

Hal ini menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya di Kabupaten Pati karena Ki Ageng Penjawi tidak hanya dikenal masyarakat Pati saja, tetapi dikenal sebagai tokoh besar ditanah Jawa, ” kata Henggar dihadapan awak media.

Sementara Jumadiyanto juru kunci sekaligus Ketua panitia Kirab kepada awak media mengatakan, ” Kegiatan hari ini adalah Pawai Kirab Ke -1 Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati.

“Untuk pawai kirab kegiatan baru dilaksanakan satu (1) kali ini, namun untuk acara lain semisal buka luwur dan sebagainya, setiap tahun dilaksanakan, ” terang Jumadiyanto.

Kegiatan ini adalah inisiatif dari masyarakat sekitar didukung oleh Forkopimda Pati dan sponsor utama Lingkar Media Group, terdorong keprihatinan banyak sekali masyarakat yang tidak tahu di mana makom Ki Ageng Penjawi, dan tidak tahu siapa Ki Ageng Penjawi.

” Terdorong untuk membangkitkan rasa kepahlawanan Ki Ageng Penjawi di masyarakat Kabupaten Pati dan harapannya setiap tahun selalu diadakan dan semakin lebih baik dari hari ini. Haul, kirab dan sebagainya bisa berlanjut setiap tahunnya, ” pungkasnya. (H).