Pemdes Beringin Kencana Siap Melayani Aktivasi IKD

INFODESA114 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Dijaman era digitalisasi, Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Pemerintah Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, siap melayani masyarakat desa untuk melakukan aktivasi IKD.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Beringin Kencana Larasati yang di wakili oleh Muhamad Wahidin selaku Kasi Pemerintahan Desa Beringin Kencana pada infodesanews.com, Senin (24/7/2023)

Ada Empat pelayanan yang sudah disediakan oleh Pemerintahan Desa mulai dari: Pelayanan umum loket satu dan dua, pelayanan loket tiga Indentitas Kependudukan Digital, terahir loket empat pelayanan Kependudukan

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Operasi Lilin Candi 2023, Polres Blora Dirikan 4 Pospam Dan 1 Pos Yan

Menurutnya kesiapan Pemerintah Desa Beringin Kencana sebagai salah satu desa untuk pelayanan Aktivasi IKD berbasis digital karna bisa melayani KK baru, pindah datang, akta kelahiran dan akta Kematian ( SIAK terpusat) Sistim informasi Administrasi kependudukan.

“Mulai di pertengahan Juli, kami sudah siap melayani masyarakat untuk mengaktivkan Identitas Kependudukan Digitalnya. Cukup datang ke Kantor Desa dengan membawa Smartphone Android dengan minimal versi Androidnya adalah Versi 8 dan memiliki email aktif maka IKD sudah bisa diaktifkan.” Ujarnya.

Dijelaskan Identitas kependudukan digital merupakan versi digital dari dokumen identitas kependudukan yang dapat diakses secara online melalui aplikasi identitas kependudukan digital yang telah tersedia di Playstore.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
BPK Serahkan LHP Penanganan Covid-19 Pemkab Lamsel

Fitur dari aplikasi IKD sementara terdapat beberapa dokumen yang dapat diakses seperti KTP, KK dan KIA digital.

Salah satu warga Desa Beringin Kencana Ibu Juwariyah mendaftarkan IKD Indentitas Kependudukan Digital melalui  androidnya, “Alhamdulillah sekarang sangat mudah dan cepat pelayanan di Desa Beringin kencana, Dan sekarang saya bepergian cukup menunjukan di henpon android yang sudah di daftar kan andai kita pergi lupa bawa KTP.”Ucap ibu Juwariyah kepada Infodesanews.com di Kantor Desa Beringin kencana Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.(Bambang)