Inspiratif, TK Kristen Setabelan Solo Utamakan Pendidikan Karakter Pada Anak Didik

PENDIDIKAN, PERISTIWA373 Dilihat

SOLO, INFODESANEWS.COM–Prestasi TK Kristen Setabelan Surakarta memang boleh dibilang yang sangat membanggakan. Berbagai kegiatan positif guna menunjang kualitas prestasi anak tertumana dalam hal pembentukan karakter terus digalakkan.

Kegiatan yang ada di TK Kristen Setabelan ditekankan untuk fokus pada Iman Kristiani yang diimplementasikan sejak anak masuk kelas yaitu dengan berdoa pagi untuk memuji nama Tuhan dan menghafal ayat-ayat Al Kitab. Bahkan setiap hari Senin  dalam upacara bendera juga disampaikan firman Tuhan kepada anak didik.

Priyanti Dwi Astuti (Kepala TK Kristen Setabelan Surakarta). foto dok

Kemudian setiap Jumat pertama setiap bulannya juga diselenggarakan ibadah, dimana anak-anak yang memimpin pujian dan memimpin doa. Sedangkan untuk cerita Al Kitab masih diampu oleh guru pengajar.

“Khusus untuk kegiatan pembentukan karakter yang lain yaitu kami mengadakan kegiatan sosial yang diadakan pada saat Pekan Pendidikan Kristen. Kami biasanya mengumpulkan sembako maupun uang untuk disalurkan kepada panti asuhan maupun kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu,” ujar Priyanti Dwi Astuti selaku Kepala Sekolah TK Kristen Setabelan Surakarta.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kendalisada Special Night DKC Banyumas
Angklung, salah satu kegiatan ekstra pada anak didik (foto.dok)

Dijelaskan, terkait pengawasan terhadap siswa didik yang menggunakan handphone (HP) agar tidak kecanduan, maka pihak sekolah setiap hari dan setiap waktu  selalu diingatkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan HP yaitu maksimal 2 jam. Selain diberikan pengetahuan kepada anak didik juga disampaikan kepada orang tua melalui kegiatan parenting tentang membatasi waktu penggunaan HP untuk anak anak.

“Beberapa kegiatan yang kami berikan kepada anak-anak untuk dikerjakan di rumah diantaranya membuat karya yang dilakukan anak dan orang tua. Seperti membuat kolase, dan latihan menyanyi yang dilakukan anak dengan orang tua untuk mengurangi kecanduan gadget,” tegasnya.

Kegiatan Natal bersama di GKJ Bibis Luhur (foto.dok)

Sementara itu, untuk penerimaan siswa didik di TK bisa dilakukan sepanjang tahun. Bahkan di TK Kristen Setabelan mulai banyak calon siswa yang mendaftar pada bulan Januari untuk tahun yang akan datang, padahal belum dilakukan promosi kepada masyarakat umum. Hal itu tak lain karena di sekolah ini sangat mengutamakan pembentukan karakter anak sejak dini.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Resmob dan Unit Tipiter Polres Lutra Tangkap Penipu Online

Salah satu murid bernama ananda Gavrilo Nolan Wardhana kelas A2  kepada media ini juga mengaku senang karena dapat belajar dan menjadi bagian dari keluarga TK Kristen Stabelan. “Pokoknya asyik banget belajar di TK ini, bapak ibu guru juga menyenangkan,” ujar Gavrilo, putri dari Bapak Galih Wisnu Wardhana (UNDHA AUB Surakarta)

Tk Kristen Stabelan bentuk karakter kepemimpinan dimulai sejak dini agar kelak bisa menjadi pemimpin yg bijaksana dan berkualitas (foto.dok)

Sekedar diketahui TK Kristen Setabelan ini  beralamat di Jalan DI Panjaitan No 16, Setabelan Surakarta. Terdapat 5 guru kelas dan 3 guru ekstrakurikuler serta 1 tenaga kebersihan. Siswa yang dididik di sekolah ini mulai dari usia 3 tahun hingga 6 tahun. (inu/red slo)