Babinsa Pejala Hadiri Deklarasi Open Defecation Free dan Sosialisasi Terkait Stop Buang Air Besar Sembarangan

INFODESA, NASIONAL304 Dilihat

PENAJAM.INFODESANEWS.COM  – Serma Bonaji anggota Koramil 0913-01/Penajam Babinsa Kelurahan Pejala bersama Bhabinkamtibmas Briptu M Abadi menghadiri undangan tentang  Deklarasi ODF (Open Defecation free) dan sosialisasi terkait Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang bertempat di Gedung Serbaguna Sipakatuo Kelurahan Pejala Kecamatan Penajam Kabuoaten Penajam Paser Utara (PPU). Selasa (09/5/2023).

Dalam kesempatannya Babinsa menyampaikan,”Untuk meningkatkan kesehatan lingkungan, dan mencegah penyakit berbasis lingkungan seperti diare dan juga stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten PPU bersama UPT PKM Petung, menyelenggarakan deklarasi bersama ODF (open defecation free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kelurahan Pejala,”ujarnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Pangdam XII/Tpr Bahas Strategi Pengamanan Perbatasan

“Dengan harapan deklarasi ODF ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk terus menjaga dan mempertahankan perilaku bersih sehat, satu di antaranya dengan BAB di jamban yang sehat terutama wilayah Kelurahan Pejala”, katanya.

“Karena itu, setiap rumah harus memiliki jamban supaya menciptakan sanitasi yang layak. Tak kalah penting setiap rumah harus tersedia air bersih.Dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dapat mewujudkan Kelurahan/Desa menuju STBM”, jelasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
H-1 Lebaran Rumah Milik Warga Kecamatan Sidomulyo Ludes Dilalap Sijago Merah

“Jangan sampai membuang air besar sembarangan di sungai dan dekat kolam ikan. Dengan adanya deklarasi ini, maka tidak ada lagi kegiatan tersebut dilakukan sembarangan,”ungkap Babinsa.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Istiqomah,S.STP Lurah, Nita Dinkes PPU , Erlinawati UPT PKM Petung, Darmansyah,S.KOM  Seklur,Andy Murni,S.KOM  Kasi PM Kes sos, Serma Bonaji Babinsa, Briptu M Abadi Bhabinkamtibmas, Ketua RT 01 sampqi dengan 05, dan H Yusran tokoh Agama.