Menjelang Hari Peringatan, Sat Samapta Polres Kudus Cek Empat Gereja

INFODESA254 Dilihat

KUDUS, INFODESANEWS – Jelang peringatan Jumat Agung WafatIsa Almasih, Sat Samapta Polres Kudus melaksanakan pemeriksanaan di sejumlah Gereja, Kamis (6/4/2023).

Pemeriksaan menyasar Gereja yang ada di Kabupaten Kudus.” maka  sejumlah personel Sat Samapta melakukan penyisiran dan setiap sudut Gereja dicek menggunakan alat metal detector dan anjing pelacak.

“Hari ini kita laksanakan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan membahayakan, baik di lingkungan luar maupun dalam Gereja di Kudus. Hal tersebut guna menjaga keamanan dan kondusifitas saat peringatan Wafat Isa Almasih,” kata Kasat Samapta AKP Ngatmin saat turun langsung memantau kegiatan.

“Ada empat Gereja yang kami lakukan pemeriksaan, yakni Gereja ST Yohanes Evangelista, Gereja Isa Almasih Kudus, Gereja GKMI Kenari, dan Gereja GKMI Rayon 1 Kudus. Semuanya dalam keadaan aman,” imbuhnya.

Di sela kegiatan pemeriksaan di GerejaST Yohanes Evangelista, pengurus Gereja, Jansen H. Sidauruk, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Kudus.

Baginya, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Kepolisian kepada Jemaah Gereja ST Yohanes Evangelista.“Kami ucapkan terima kasih kepada Jajaran Polres Kudus yang telah melaksanakan pemeriksaan Gereja jelang peringatan Jumat Agung Wafat Isa Almasih. Semoga kegiatan nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Jansen H. Sidauruk dihadapan awak media.

Terpisah, Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengungkapkan pihaknya siap memberikan pelayanan pengamanan rangkaian kegiatan Jumat Agung Wafat Isa Almasih bagi umat Nasrani di Kabupaten Kudus. Pihaknya akan menempatkan personel di tiap Gereja.

“Proses pengamanan di setiap Gereja akan dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Kami juga akan bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kudus,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto.

Kapolres menegaskan akan melaksanakan pengamanan rangkaian peringatan Wafat Isa Almasih secara maksimal dan proporsional. “sehingga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kudus tetap dalam keadaan kondusif.(@Gus Kliwir)